Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Ada Juru Parkir, Penerapan Parkir Elektronik di Pasar Induk Among Tani Segini Harganya

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Mar - 2024, 19:10

Placeholder
Suasana parkir di Pasar Induk Among Tani yang luas. (Foto: Irsya Richa/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Penerapan parkir elektronik berbayar sudah diterapkan oleh Pemkot Batu di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu. Kini pemberlakuan pembayaran sudah dilakukan pada loket keluar Pasar Induk Among Tani.

Pada awal uji coba parkir elektronik pengunjung masih digratiskan, namun pada penerapannya masih harus membayar pada juru parkir yang ada di beberapa titik di dalamnya. Tetapi kini saat masuk ke dalam, area parkir sudah tidak ada lagi juru parkir. 

Baca Juga : Tahun 2024, Diskominfo Targetkan SPBE Kabupaten Malang Capai Angka 4

Sehingga kini pengunjung bisa bebas memarkirkan kendaraannya saat di sana. Karena lokasi pasar induk seluas kurang lebih 5 hektar, pengunjung bisa memarkirkannya berpindah-pindah.

Jadi pengunjung hanya tinggal membayar di loket pintu keluar. Untuk sepeda motor harganya Rp 2 ribu, mobil Rp 3 ribu. Sedangkan bus dan truk Rp 4 ribu.

Pengunjung Riski Wahyu mengaku nyaman dengan sistem parkir yang saat ini diterapkan. Lantaran bisa leluasa berpindah-pindah.

"Sekarang lebih enak parkirnya, mau di zona bawah-atas bayar cuman di satu pintu keluar," ungkap Riski pada JatimTIMES.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya, saat banyak juru parkir setiap pindah titik harus membayar. 

Baca Juga : Keluarga Layangkan Surat Audiensi, Buntut Meninggalnya Warga Situbondo karena Tak Dapat Pinjaman Ambulance Pukesmas Panarukan

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Aries Setiawan menambahkan, pemberlakuan parkir elektronik berbayar sudah berlangsung dalam beberapa pekan. Namun berbeda dengan pemberlakukan pembayaran pedagang Pasar Induk Among Tani.

"Kalau pedagang membayar parkir elektronik sekali saja. Bila ingin keluar masuk pasar, pedagang akan diminta kartu tanda pedagangnya," ujar Aries, Minggu (3/3/2024).

Diberlakukannya parkir elektronik ini guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir Pasar Induk Among Tani. Sebab target dalam satu tahun ini retribusi parkir harus mencapai Rp 2,2 miliar khusus parkir.


Topik

Peristiwa Parkir Elektronik parkir kota batu pasar induk among tani



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni