Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kurangi Biaya Produksi, Desa Sumber Brantas Kota Batu Kembangkan Kentang Granola L di Laboratorium

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Mar - 2024, 18:58

Placeholder
Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat memanen kentang di Desa Sumber Brantas, Kota Batu.

JATIMTIMES - Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji merupakan sentra penghasil kentang di Kota Batu. Terbaru petani di sana mulai mengembangkan bibit kentang varietas Ganola Lembang (Granola L) di sebuah laboratorium.

Pengembangan bibit kentang Granola L lewat Laboratorium Pos Pelayanan Agen Hayati dan Kultur Jaringan. Dari Laboratorium ini, sangat membantu petani dalam mengurangi biaya produksi dengan penyediaan bibit kentang berkualitas dan harga terjangkau.

Baca Juga : Keluarga Layangkan Surat Audiensi, Buntut Meninggalnya Warga Situbondo karena Tak Dapat Pinjaman Ambulance Pukesmas Panarukan

Kemudian varietas ini juga punya banyak keunggulan di antaranya produktivitas tinggi, tahan terhadap hama penyakit, warna daging umbi kuning terang dan bentuk umbinya lonjong. Karena itu petani mulai menggunakan varietas tersebut.

Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama Wakil Ketua II DPRD Kota Batu Heli Suyanto, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Heru Yulianto, Camat Bumiaji Bambang Suliyan, berkesempatan panen kentang di Desa Sumber Brantas. Setelah senang memanen bersama Aries juga melihat langsung hasilnya di gudang petani.

Lalu ia juga berkesempatan meninjau Laboratorium Pos Pelayanan Agen Hayati dan Kultur Jaringan. Di sana Aries melihat bibit kentang yang tengah dikembangbiakkan tersebut.

Aries mengaku sangat bangga dengan banyaknya petani milenial bergabung di Gapoktan Sumberjaya Sumber Brantas, lantaran bisa memberikan kreativitas dan inovasi dalam pertanian. Salah satunya dengan mengembangkan bibit kentang varietas Granola L.

"Saya bangga dengan petani di sini, karena petani milenial ikut berkontribusi di dalamnya. Semoga dengan pengembangan kentang ini hasil panen melimpah dengan kualitas yang bagus," ungkap Aries.

Baca Juga : Sambut Bulan Ramadhan, Puluhan Ribu Warga Situbondo Bershalawat Bersama Bupati

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menambahkan, keberhasilan pengkaderan anak muda menjadi petani di Kecamatan Bumiaji, khususnya di Desa Sumber Brantas merupakan langkah yang bisa dikembangkan di daerah lainnya. Yakni dengan setiap desa punya laboratorium dan pembibitan sendiri sehingga mengurangi biaya.

"Jika masing-masing desa punya laboratorium tentu bisa membantu untuk mengurangi biaya produksi. Semoga ini dikembangkan," harap Heli.


Topik

Peristiwa Kentang kentang granola petani kentang Petani Kota Batu Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni