Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Operasi Keselamatan Semeru 2024 Selama 2 Pekan di Kota Batu, Ada 9 Target Sasaran

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2024, 16:10

Placeholder
Sarana dan prasarana yang digunakan dalam Operasi Keselamatan Semeru 2024 di halaman Mapolres Batu. (Foto: Irsya Richa/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Operasi Keselamatan Semeru 2024, Polres Batu berlangsung selama 2 pekan mendatang, 4-17 Maret 2024. Polres Batu bakal menyasar 8-9 target sasaran di wilayah hukum Polres Batu.

Bagi pengendara yang tidak ingin terkena sanksi, perlu untuk memerhatikan 8 jenis pelanggaran yang menjadi target sasaran dalam operasi ini. Di antaranya tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah pengaruh alkohol.

Baca Juga : Viral Chef Arnold Dirujak Netizen Usai Sebut Harga Ayam Rp20 Ribu Per Kg: Belanja di Pasar Gaib

“Kemudian memakai ponsel saat berkendara, pengendara kendaraan bermotor di bawah umur,” ucap Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin usai Operasi Keselamatan Semeru 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di halaman Mapolres Batu.

Lalu melawan arus, balap liar, penggunaan knalpot brong, hingga pengemudi dan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Dalam Operasi Keselamatan Semeru 2024 ini Polres Batu mengerahkan sebanyak 4.470 personel. Rincian Satgas Polda Sebanyak 390 personel dan Satuan Wilayah Jajaran 4.080 personel.

Oskar menambahkan, Operasi Kesalamatan Semeru 2024 fokus untuk menekan pelanggaran aturan lalu lintas dan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang berada di jalan raya. Operasi ini bukan hanya merupakan upaya penegakan hukum, tetapi juga edukasi dan sosialisasi untuk menciptakan budaya berlalu lintas yang lebih aman dan tertib.

“Penyebab banyak timbulnya pelanggaran lalu lintas sejak diberlakukan penindakan secara elektronik kemudian masyarakat jadi tidak takut lagi terhadap aturan yang berlaku," kata Oskar, Sabtu (2/3/2024).

Selain itu Oskar juga menekankan kepada personelnya untuk melakukan kegiatan edukasi kamseltibcar kepada masyarakat, mengedepankan preemtif dan preventif. Personelnya juga tidak diperbolehkan melakukan tindakan kontraproduktif yang dapat menurunkan citra Polri.

Juga meningkatkan kewaspadaan, serta melaksanakan tugas secara tanggung jawab.

Baca Juga : Satgas TMMD Berikan Bimbingan Belajar Gratis, Anak-anak Blitar Selatan Semakin Semangat Belajar

Sedang dari data Satlantas Polres Batu jumlah kecelakaan lalu lintas tercatat tahun 2023 sebanyak 243 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia sebanyak 27 orang dan luka ringan sejumlah 279 orang.

Dari 248 kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Batu, melibatkan semua jenis kendaraan. Tapi didominasi kendaraan roda dua.


Topik

Peristiwa Operasi Semeru polres batu kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni