Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Arab Saudi Bolehkan Jemaah Umrah Pakai Visa Turis, Siap Umrah Backpaker?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2024, 15:37

Placeholder
Suasana ka'bah. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Jelang Ramadan, banyak umat muslim yang merencanakan untuk ibadah umrah saat bulan puasa. Aturan terbaru, Arab Saudi telah mempermudah jemaah muslim di seluruh dunia untuk umrah dengan visa turis. 

Melansir Gulf, Kementerian Haji dan Umrah Saudi merilis aturan mengenai umrah. Di mana kini jemaah bisa memakai visa kunjungan, pariwisata, hingga tenaga kerja. 

Baca Juga : 7 Calon Jemaah Haji Kota Batu Terpaksa Mundur, Ini Penyebabnya

Topik soal visa turis yang bisa digunakan umrah pun menuai beragam sorotan. Terutama dari kalangan umrah backpacker. Sehingga para umat muslim kini bisa langsung umrah backpacker dan tak perlu menggunakan travel. 

Pengurusan visa turis Arab Saudi berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata Arab Saudi. Pengajuan visa turis dapat dilakukan di laman https://visa.visitsaudi.com/Registration/Verify.

Selain itu, visa turis berlaku untuk beberapa kali kunjungan dalam rentang waktu 365 hari. Visa turis juga berlaku untuk tinggal di Arab Saudi maksimal 90 hari, dan pemegang visa turis yang hendak masuk ke Saudi tidak wajib datang dengan mahram.

Setiap orang dapat mengajukan permohonan visa Arab Saudi. Namun, aturan dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi, hanya turis yang beragama muslim yang boleh masuk Mekkah.

Pemegang visa turis juga tidak wajib melampirkan tiket penerbangan dan diizinkan untuk ziarah. Meski begitu, sebenarnya pemegang visa turis tidak punya jaminan mendapat slot Muassasah, Rawdhah & Umrah.

Baca Juga : Awas Badal Haji Abal-abal, Ini Imbauan Kemenag Kabupaten Blitar

Hal ini berbeda dengan visa umrah, yang dijamin mendapatkan satu slot untuk Rawdhah, Muassasah, dan Umrah. Namun, harga visa umrah lebih mahal dibandingkan visa turis.

Pemegang visa umrah hanya boleh tinggal di Saudi maksimal 30 hari dan hanya bisa diajukan oleh orang beragama Islam. Visa umrah juga hanya berlaku untuk satu kali kunjungan.


Topik

Peristiwa Umrah visa umrah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni