Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Pemkab Banyuwangi Jadwal Ulang Keberangkatan Jamaah Umrah dari Bandara Internasional Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

22 - Feb - 2024, 18:53

Placeholder
Bandara Internasional Banyuwangi (foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melakukan penjadwalan ulang rencana pemberangkatan jemaah ibadah umrah yang bakal diberangkatkan pada 22 Februari 2024.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi melalui Kasi Angkutan Laut Penerbangan dan Perkereta Apian, Ardhian Aprilianto, penjadwalan ulang dilakukan karena beberapa faktor antara lain persetujuan (approval) dari Kementerian Perhubungan RI belum turun.

Baca Juga : Jalan Mayjend Sungkono Gresik Rusak, Nyawa Pemotor Terancam

“Untuk penerbangan umrah kemarin yang direncanakan dengan skema Banyuwangi – Kuala Lumpur (Malaysia) – ke Jedah (Arab Saudi). Dari situ ada kebijakan Kementerian Perhubungan yang masih belum bisa dicukupi akhirnya persetujuan masih menunggu lebih lanjut,” jelas Ardhian di ruang kerjanya pada Kamis (22/2/2024).

Dia menuturkan sambil menunggu tuntasnya perijinan pemerintah Banyuwangi mematangkan lagi berbagai persiapan agar ke depan tidak ada permasalahan lagi, baik dari sisi Bandara, terminal maupun dari jamaah umroh dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) serta pada dasarnya pihak maskapai dan pencarter pesawat sudah siap.

Pemerintah berupaya memfasilitasi untuk penerbangan umrah via carter pesawat sebisa mungkin dapat terlaksana dengan aman dan melayani masyarakat Banyuwangi dan kabupaten sekitarnya melakukan penerbangan ibadah umrah via Bandara Internasional Banyuwangi.

“Untuk saat ini kita menyiapkan terminal internasional sesuai dengan kuota jamaah umrah yang sekali penerbangan sebanyak 170 seat. Sehingga disiapkan di terminal itu Bea Cukai, bersama Imigrasi dan Karantina atau Customs, Immigration, Quarantine (CIQ) sudah siap,” tambah Ardhian.

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Takziyah ke Rumah Ketua KPPS yang Meninggal Dunia saat Bertugas Pemilu 2024

Kemudian untuk pengurusan persetujuan perijinan Kementerian Perhubungan, lanjut dia Dinas Perhubungan kabupaten Banyuwangi terus melakukan komunikasi dan koordinasi serta memenuhi persyaratan yang dibutuhan secepatnya.

“Untuk selanjutnya menunggu pihak Kementerian Perhubungan. Kemarin kami sudah melakukan koordinasi yang dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta diterima Direktur Angkutan Udara dan masih menunggu Dirjend  yang masih melakukan lawatan ke luar negeri mendampingi Menteri Perhubungan. Jadi belum mendapatkan jawaban langsung dan masih menunggu kehadiran Dirjend,” pungkas Ardhian.


Topik

Transportasi Banyuwangi jemaah umrah umrah batal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya