Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

3 PPK Rampungkan Rekapitulasi Suara Tepat Waktu, Kotak Suara Bergeser ke Gudang KPU Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Feb - 2024, 12:28

Placeholder
Pemberangkayan logistik Pemilu 2024 beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 di tiga kecamatan Kota Batu telah dirampungkan Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) di Kota Batu. Pergeseran kotak suara pun sudah dilakukan ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Rabu (21/2/2024) malam.

Pergeseran kotak suara itu dari gudang kecamatan masing-masing menggunakan armada truk dengan pengawalan ketat oleh personel pengamanan, dari tingkat kecamatan menuju gudang KPU Kota Batu, di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu.

Baca Juga : Tekan Inflasi, TPID Kota Batu Masifkan Tanam Cabai di 3 Kecamatan

Kini sebanyak 3.055 kotak suara yang dipenuhi dengan surat suara yang tercoblos dari 611 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam kondisi aman di gudang KPU Kota Batu, Kamis (22/2/2024). “Jadi sudah tiba dengan aman di gudang KPU Kota Batu, semalam,” kata Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Marlina.

Kotak suara beserta isinya kini dijaga ketat oleh personel pengamanan dari Polri, TNI serta petugas dari KPU Kota Batu. Mereka harus mengamankan selama 24 jam.

Progres selanjutnya setelah pergeseran kotak suara berserta isinya itu, KPU Kota Batu masih menunggu arahan dari KPU Provinsi Jatim. Yang jelas akan dilakukan pleno rekapitulasi pada tingkat kabupaten/kota.

Hanya saja kapan jadwal pleno rekapitulasi suara pada tingkat kabupaten/kota masih belum diketahui pastinya. Namun jika mengacu jadwal awal berlangsung pada 24 Februari 2024.

“Menunggu arahan dari KPU provinsi terkait pleno rekapitulasi suara di tingkat kabupaten/kota,” imbuh Marlina kepada JatimTIMES.

Baca Juga : Kultur Luntur? Propaganda Menjauhkan Budaya Pesantren dari Masyarakat

Sedangkan proses rekapitulasi tingkat kecamatan pada tingkat PPK Bumiaji dan Junrejo selesai bersamaan pada Senin, (19/2/2024) malam. Sementara Kecamatan Batu selesai pada Selasa (20/2/2024).

Selama proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, seluruhnya berjalan lancar tanpa insiden, hanya terjadi selisih penghitungan suara pada 2 TPS.


Topik

Peristiwa Pemilu pemilu 2024 rekapitulasi suara kota batu kpu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni