Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pj Gubernur Adhy Tunjuk Kepala Bapenda Bobby Soemiarsono Jadi Pj Sekdaprov Jatim

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

20 - Feb - 2024, 18:38

Placeholder
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) Bobby Soemiarsono yang kini didapuk menjadi penjabat (Pj) sekretaris daerah Provinsi (Sekdaprov).

JATIMTIMES - Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) Bobby Soemiarsono didapuk menjadi penjabat (Pj) sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Jatim. Bobby Soemiarsono bakal mengisi kekosongan jabatan sekdaprov setelah Adhy Karyono menjadi Pj gubernur Jatim.

Adhy Karyono menjelaskan, saat ini status Bobby Soemiarsono masih sebagai pelaksana harian (Plh) sekdaprov Jatim. Sebab, secara resmi surat keputusan (SK) penunjukan Bobby  sebagai Pj sekdaprov Jatim belum terbit.

Baca Juga : Satpol PP Surabaya Tindak Tegas Reklame Tak Berizin dan Tidak Bayar Pajak

“Sekarang statusnya masih Plh karena memang SK-nya belum turun. Tetapi, sekda itu Pj. Saya sudah ajukan ke Kemendagri mudah-mudahan satu atau dua hari ini sudah keluar,” ungkap Adhy, Selasa (20/2/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa ada sejumlah pertimbangan yang membuatnya menunjuk Bobby sebagai Pj sekdaprov Jatim menggantikan dirinya. Dikatakan, kemampuan manajemen menjadi faktor utama.

"Sulit memilih sebetulnya ya. Tetapi sudah kita hitung semua ya. Seorang sekda yang penting manajerialnya. Kedua itu (sudah) senior," urai mantan staf Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.

Pertimbangan lainnya yang tak kalah penting, menurut dia, adalah tidak ada rekam jejak resisten dan kemampuan yang mumpuni untuk berkoordinasi dengan jajaran forkopimda. Kemampuan koordinasi, utamanya dengan legislatif menjadi poin pentingnya. 

"Itu Pak Bobby sudah terbiasa dengan mereka. Intinya tugas sekdaprov itu mengoordinasikan program, anggaran, dan SDM untuk bisa bekerja," bebernya. 

Diketahui bersama, Adhy Karyono naik menjadi PJ gubernur Jatim usai masa jabatan Khofifah Indar Parawansa habis pada 13 Februari 2024 lalu. Adhy kemudian menjadi Plh selama tiga hari, hingga ia dilantik sebagai Pj gubernur Jatim  di Jakarta pada Jumat, 16 Februari 2024.

Baca Juga : Pemkab Malang Tetapkan Mekanisme Jobfit untuk Pengisian JPTP di 7 OPD

Sebelum menjadi Pj gubernur, Adhy menjabat sebagai sekdaprov Jatim. Naiknya jabatan Adhy membuat kursi jabatan sekdaprov Jatim sempat kosong. Kini, Adhy memilih Bobby sebagai penggantinya.

 

 


Topik

Pemerintahan Sekdaprov Jatim Pemprov Jatim Jatim Adhy Karyono Bobby Soemiarsono



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy