Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Diskominfo Jatim Gandeng GDG Cloud Surabaya Tingkatkan Literasi Digital 

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Dede Nana

17 - Feb - 2024, 19:43

Placeholder
Pelatihan Road to International Women's Day Surabaya 2024 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) bekerja sama dengan Google Developer Groups (GDG) Cloud Surabaya, di kantor Dinas Kominfo Jatim, Sabtu (17/2/2024).

JATIMTIMES - Tingginya penggunaan internet di Indonesia tidak diimbangi dengan tingkat literasi digital para pengguna internet. Kondisi ini menjadi perhatian Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim).

Kepala Diskominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi Agustin menyebut, berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet di Indonesia pada tahun 2024 mencapai 79,5 persen.

Baca Juga : Usai Dilantik, Ini Pesan Pj Gubernur Jatim kepada Jajarannya

Angka ini mengalami kenaikan dari sebelumnya pada tahun 2023 sebesar 78,19 persen. Adapun tingkat penetrasi pengguna internet berdasarkan gender, laki-laki memberikan kontribusi sebesar 50,9 persen sedangkan perempuan sebesar 49,1 persen. 

Di sisi lain, untuk skor indeks literasi digital laki-laki dan perempuan pada tahun 2022, tercatat 3,56 poin untuk laki-laki dan 3,52 poin untuk perempuan. Indikator terendah adalah digital safety, yaitu 3,18 poin untuk laki-laki dan 3,07 poin untuk perempuan. 

“Berarti dalam penggunaan internet yang tinggi, belum diimbangi dengan literasi digital yang baik. Terutama digital safety atau keamanan digital masih perlu ditingkatkan lagi,” ujar Sherlita, Sabtu (17/2/2024)

Terkait hal itu, Diskominfo Jatim bekerja sama dengan Google Developer Groups (GDG) Cloud Surabaya menggelar pelatihan platform cloud google dan perkembangan terkini di industri Teknologi Informasi. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Dinas Kominfo Jatim, Sabtu (17/2/2024) ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara International Women's Day (IWD) Surabaya 2024 bertajuk "Impact The Future". 

Setelah acara hari ini, GDG Cloud Surabaya akan menggelar kegiatan pada tanggal 16 Maret 2024, 6 April 2024, dan puncak peringatan IWD Surabaya pada tanggal 27 April 2024. 

"Kegiatan Road to International Women's Day ini adalah langkah awal yang sangat baik untuk kolaborasi Pemprov Jatim dan Google dalam mengawal literasi digital di Jawa Timur,” ujar Sherlita Ratna Dewi Agustin. 

Baca Juga : DPRD Jatim Minta Pj Gubernur Gercep Lanjutkan Program Prioritas Khofifah-Emil

Menurutnya, kegiatan pelatihan semacam ini diperlukan sebagai wadah bagi para professional, pengembang, pelajar, mahasiswa, dan pelaku industi Teknologi Informasi di Jawa Timur untuk belajar dan membangun bersama. 

“Dinas Kominfo Jatim membuka kesempatan sebesar-besarnya untuk kegiatan kolaborasi semacam ini. Kita harus terus belajar bersama. Terima kasih saya sampaikan kepada Google Developer Groups Cloud Surabaya. Semoga kegiatan ini membawa manfaat, tidak hanya untuk perempuan, tapi juga seluruh masyarakat di Jawa Timur,” katanya. 

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Chief Research Officer @NarasioData sekaligus Women Techmakers Cloud Surabaya Ambassador, Farida dan Associate Business Intelligence Manajer @SuperApp, Fitria. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada Dinas Kominfo Jatim. Kegiatan kita hari ini merupakan bukti nyata dari kolaborasi antara komunitas, industri, dan pemerintah. Saya berharap teman-teman peserta tetap semangat untuk belajar. Saya yakin kita bisa bersama-sama mendukung kemajuan Jawa Timur,” tutur Farida.


Topik

Pemerintahan diskominfo jatim literasi digital google developer groups cloud pemprov jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Dede Nana