Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DP3A Kabupaten Malang Gunakan Anggaran Ratusan Juta Lindungi Perempuan dan Anak

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

14 - Feb - 2024, 19:37

Placeholder
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Senin (12/2/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang mendapat gelontoran anggaran ratusan juta rupiah untuk melindungi para perempuan dan anak dari kekerasan

Kepala DP3A Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo menyampaikan, di tahun 2024 ini DP3A Kabupaten Malang mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 280 juta dalam satu tahun dari APBD Kabupaten Malang Tahun Anggaran (TA) 2024. 

"Kalau untuk penanganan kasus kurang lebih Rp 280 juta setahun. Pendampingan dengan menghadirkan psikolog ke korban-korban," ujar Arbani kepada JatimTIMES. 

Namun, selain penanganan kasus berupa pendampingan terhadap korban, DP3A Kabupaten Malang juga secara masif melakukan upaya preventif atau pencegahan dan promotif kepada masyarakat. 

Arbani menyebutkan, DP3A Kabupaten Malang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 200 juta-an untuk kegiatan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan konselor untuk masyarakat. 

"Sosialisasi dan pelatihan itu Rp 200 jutaan itu dari Dana Alokasi Khusus," kata Arbani yang merupakan mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang ini. 

Pejabat yang pernah menjadi Direktur Utama RSUD Lawang ini menuturkan, untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, pihaknya bekerja sama dengan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Malang dan Forum Anak Kabupaten Malang. 

Di mana bentuk dari kerja sama yang dilakukan DP3A Kabupaten Malang dengan Forum Puspa Kabupaten Malang dan Forum Anak Kabupaten Malang ini berupa kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Jadi sosialisasi kita juga kerja sama dengan Forum Puspa Kabupaten Malang dan forum puspa di setiap kecamatan. Termasuk juga dengan forum anak. Untuk pencegahan bullying khususnya di sekolah," jelas Arbani. 

Selain itu, pihaknya juga memiliki program pelatihan konselor. Di mana untuk tahun 2024 ini, pihaknya melanjutkan program kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malang untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat hingga menjadi konselor di masing-masing family corner yang telah dibentuk oleh DMI Kabupaten Malang. 

"Jadi kita kerja sama dengan DMI Kabupaten Malang. Mereka punya program family corner dan kita mensupport untuk memberikan pelatihan, agar masyarakat dapat menjadi konselor di masing-masing family corner di setiap masjid yang sudah ditentukan," terang Arbani. 

Family Corner yang dibentuk di masing-masing masjid oleh DMI Kabupaten Malang ini ditargerkan dapat menyebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Di mana dalam satu kecamatan, terdapat satu family corner. 

"Masyarakat yang sedang mengalami permasalahan juga bisa ke family corner. Minimal bisa mendapatkan solusi atas permasalahannya," tandas Arbani.
 


Topik

Pemerintahan dp3a kabupaten malang kekerasan perempuan anak pemkab malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana