Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Penjabat Wali Kota Batu Kantongi Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pariwisata Terbaik

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

08 - Feb - 2024, 15:56

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat mengunjungi Kampung Sakura beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebuah penghargaan berhasil dikantongi Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Kamis (7/2/2024). Aries menerima penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pariwisata Terbaik karena melakukan pengembangan potensi pariwisata di Kota Batu.

Penghargaan itu diterima dalam kegiatan Sapa Insan Budaya dan Pariwisata, di Graha Wisata Menanggal Jatim. Penghargaan yang diraih itu tak lepas dari kalaborasi bersama masyarakat dalam memberikan inovasi pada masing-masing desa/kelurahan.

Baca Juga : Profil Umay Shahab, Artis Cilik yang Trending Twitter Usai Sindir Makan Gratis Prabowo-Gibran

Khususnya dalam mewujudkan target kunjungan wisata di Kota Batu yang telah berhasil mengantongi angka 10.116.570 wisatawan di Tahun 2023. Kini Pemkot Batu bersama masyarakat mulai fokus untuk menjadikan desa wisata dengan fokus tematik sesuai potensi di wilayahnya masing-masing.

Seperti Kampung Sakura, di Desa Sidomulyo, yang beberapa waktu yang lalu dibuka oleh Pj. Wali Kota Batu. Selain wisata bunganya, dikembangkan sebagai Kampung Sakur bak di Negara Jepang.

“Pemkot Batu tidak bisa bekerja sendiri, untuk bersinergi sekaligus memikirkan dan mengembangkan bagaimana memanfaatkan potensi alam ditambah kreativitas warga Kota Batu, sehingga mau munculkan banyak destinasi wisata baru di desa tematik sesuai dengan potensi di wilayahnya masing-masing,” ucap Aries.

Aries mengaku menemukan banyak potensi yang masih bisa dikembangkan dan ini sangat potensial untuk kemajuan Kota Batu. Tak terkecuali dengan sektor UMKM dan pertanian, dua sektor tersebut juga masuk dalam tiga fokus pembangunan Pemkot Batu.

“Jika potensi yang baru ini dan dikembangkan bersama, pasti menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan nantinya. Sekaligus menambah perekonomian daerah tersebut,” tambah Aries.

Apalagi di Tahun 2024 ini Aries menargetkan kunjungan naik 1-2 juta atau mencapai 11 hingga 12 juta wisatawan. Dengan meningkatnya target kunjungan wisatawan kali ini, menjadi pekerjaan rumah Pemkot Batu untuk berkalaborasi dengan masyarakat agar target tersebut bisa tercapai.

Baca Juga : Bupati- DPRD Sahkan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024-2044

Tak hanya masyarakat, Aries meminta setiap OPD di Pemkot Batu membuat program meningkatkan daya tarik wisatawan ke Kota Batu.

“Jadi tidak bertumpu pada Dinas Pariwisata. Misalnya Diskumdag bagaimana caranya ini menjadi objek wisata baru. Objek wisata belanja mungkin, dengan beragam kegiatan yang dikemas” ujar pria kelahiran Makassar ini.

Upaya lain yang akan dilakukan dengan menarik event-event oleh pemerintah pusat atau provinsi agar bisa digelar di Kota Batu.


Topik

Pemerintahan Kota batu aries agung paewai wisata batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya