Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Rampung Dikaji, Underpass Depan Pasar Induk Kota Batu Butuh Rp 12 Miliar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Feb - 2024, 21:22

Placeholder
Pasar Induk Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Proses kajian rencana Pemkot Batu menghadirkan underpass yang menghubungkan Terminal Kota Batu dengan Pasar Induk Among Tani telah rampung. Untuk mewujudkan underpass, dibutuhkan anggaran Rp 12 miliar.

“Nantinya untuk pembangunan underpass butuh Rp 12 miliar yang akan dianggarkan pada APBD,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat.

Baca Juga : Jadi Saksi Mahkota, Polisi Ungkap Kondisi Anak Korban KDRT di Singosari Membaik

Hanya saja dengan anggaran tersebut masih belum diketahui bakal masuk APBD Tahun 2025 atau 2026. Proses penyusunan detail engineering design atau DED-nya sudah beres.

Nantinya detail pembangunan underpass ini ada pemasangan box culvert. Ukuran panjangnya 20-24 meter, lebar 8 meter, dan kedalaman 4 meter.

Selain itu penyeberangan underpass depan Pasar Induk Kota Batu dengan konsep ramah lingkungan. Untuk menambah estetika, atap, bagian kanan dan kiri dipasang kaca agar terlihat Gunung Arjuna.

"Nantinya juga akan dipasang panel surya. Agar ada pemanfaatan energi listrik untuk menerangi lampu di dalam terowongan,” terang Alfi, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga : Waspada, Cuaca Ekstrem di Jatim Hingga 13 Februari

Wacana pembangunan underpass ini dihadirkan demi pejalan kaki lebih aman saat melintas ke Pasar Induk Among Tani. Melihat kawasan tersebut merupakan jalan satu arah yang cukup ramai dengan kendaraan.

Sehingga dengan hadirnya fasilitas umum ini demi keselamatan pejalan kaki setelah kejadian meregang nyawa pada awal tahun.


Topik

Transportasi Underpass kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni