Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Faktor Teknis Jadi Atensi Peringatan HUT Kabupaten Malang di 2024

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Dec - 2023, 19:57

Placeholder
Penyelenggaraan event KCC menjadi salah satu evaluasi yang perlu ditingkatkan dalam perayaan HUT Kabupaten Malang di 2024. (Foto: Ashaq Lupito/ Jatim Times)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang beserta sejumlah pihak terkait sukses menyelenggarakan serangkaian agenda HUT Kabupaten Malang ke-1263. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada beberapa catatan yang menjadi evaluasi untuk perbaikan di 2024 mendatang.

Ketua Panitia HUT Kabupaten Malang ke-1263 Eko Margianto menyampaikan, faktor teknis menjadi salah satu catatan dalam evaluasi perayaan HUT Kabupaten Malang di 2023. Terutama teknis soal event atau agenda yang melibatkan banyak masyarakat. Seperti misalnya Kanjuruhan Culture Carnival (KCC).

Baca Juga : Jokowi Faktor, Pilar 08 Optimis Prabowo dan Gibran Menang di Jatim

"Mungkin gelaran KCC seperti itukan masih perlu dievaluasi, tapi sifatnya hanya teknis kecil-kecil yang mungkin kadang di luar perencanaan," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, event KCC yang berlangsung di Jalan Ir. Soekarno, Jalibar, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut diselenggarakan pada Sabtu (25/11/2023). Pada saat itu, Batik Garudeya menjadi salah satu potensi di Kabupaten Malang yang turut disajikan dalam gelaran KCC.

Lantaran dibuka untuk umum, banyak masyarakat yang menyaksikan KCC. Alhasil, harus dilakukan rekayasa lalu lintas di seputaran Jalibar. Hal itulah yang menurut Eko menjadi salah satu sektor yang perlu dibenahi pada penyelenggaraan HUT Kabupaten Malang di tahun 2024 mendatang.

"Kemarin yang menjadi evaluasi diantaranya terkait jalur penataan penonton, kemudian evaluasi perihal pengalihan arus," ujarnya.

Sekedar informasi, pada agenda puncak HUT Kabupaten Malang ke-1263, yakni pada 28 November 2023, Pemkab Malang dan sejumlah pihak terkait telah melangsungkan beberapa agenda perayaan puncak HUT Kabupaten Malang.

Diantaranya meliputi khotmil quran, ziarah kurbur ke beberapa leluruh Kabupaten Malang, doa bersama, sampai dengan upacara serta resepsi dan tasyakuran berupa pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan bintang tamu Cak Percil CS dan Sasa KDI.

Baca Juga : IMM Rumuskan Sikap Merespons 9 Isu Kebangsaan, Urutan Pertama Korupsi

Acara puncak HUT Kabupaten Malang ke-1263 tersebut juga didukung oleh kurang lebih 60 kegiatan yang juga melibatkan masyarakat, perusahaan, termasuk kolaborasi dengan perangkat daerah di Kabupaten Malang. Diantaranya meliputi Pemilihan Putri Garudeya, Fun Bike Segara Ngliyep - Balekambang, hingga konser Padi Reborn.

Tidak hanya bersifat regional, dalam serangkaian HUT Kabupaten Malang ke-1263 juga ada beberapa event yang bertaraf nasional. Seperti misalnya event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally, road race & supermoto, Malang Makmur Fishing Festival, hingga nantinya ditutup dengan ajang Kejuaraan Bulutangkis Bupati Malang Cup Open Nasional.

Eko berharap, dengan adanya serangkaian kegiatan yang juga berskala nasional tersebut sekaligus bisa mengangkat nama Kabupaten Malang. Yakni sesuai dengan tema HUT Kabupaten Malang ke-1263, Bangkit Lebih Cepat Menuju Malang Makmur.

"Kami masih menunggu instruksi pimpinan (Bupati Malang), setelah inikan ada evaluasi. Tentunya setiap kegiatan pasti ada evaluasi, yang kemarin belum baik akan kita sempurnakan. Sedangkan yang sudah baik akan kita tingkatkan," tukas Eko.


Topik

Pemerintahan Pemkab Malang hut kabupaten malang kabupaten malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni