Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Ini Cara Pengurus POSSI Banyuwangi Mengenalkan Olahraga Selam

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

28 - Nov - 2023, 19:54

Placeholder
Salah satu lomba selam kelompok putra dalam Kejuaraan Selam Pelajar di Kolam Renang GOR Tawangalun Banyuwangi (foto: Nurhadi BanyuwangiTIMES)

JATIMTIMES - Dengan adanya dukungan pemerintah Banyuwangi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan Kejuaraan Selam Pelajar 2023 memberikan kesempatan bagi atlet selam yang berlatih bisa mengikuti kejuaraan di tingkat kabupaten. 

Hal itu karena apabila menunggu kejuaraan tingkat provinsi Jawa Timur (Jatim) atau nasional harus menunggu cukup lama.

Baca Juga : Sikapi Penurunan Kapasitas Fiskal, Bappeda Banyuwangi Terapkan Strategi Efisiensi Semua Sektor

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Pengkab POSSI Banyuwangi, Yusuf Widodo, di kolam renang GOR Tawangalun Banyuwangi pada Selasa (28/11/2023).

Menurut dia dengan adanya kejuaraan selam di Banyuwangi bisa menjadi tambahan semangat dan motivasi para peselam untuk lebih giat dan semangat berlatih karena mereka ingin menjadi juara.

Sampai saat ini, lanjut Yusuf, cabor selam di Banyuwangi sudah ada di sekitar 10 kecamatan, antara lain; Banyuwangi, Glagah, Giri, Genteng, Rogojampi, Singojuruh, Cluring, Gambiran, Pesanggaran dan Kecamatan Bangorejo.

“Untuk pemasalan dan pengenalan kepada masyarakat selama ini dilakukan secara getok tular. Contoh di Gambiran ada peselam juara di sana, ada saudara dan teman-teman sekolahnya ikut latihan karena tertarik,” ujar Yusuf.

Lebih lanjut dia menuturkan selama ini ada asumsi sebagian masyarakat mendengar selam identik dengan olahraga dalam air yang ada di tengah laut, padahal kenyataan tidak demikian karena ada nomor- nomor yang dilombakan di kolam renang.

Ada beberapa pertimbangan jajaran pengurus kabupaten Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Banyuwangi tidak melaksanakan program sosialisasi ke sekolah-sekolah, antara lain; selam merupakan olahraga tergolong baru. Dari sekolah-sekolah terutama guru olahraga yang belum banyak mengetahui dan mengenal olahraga selam sehingga belum siap untuk melatih murid-muridnya.

Baca Juga : Serunya Belajar sambil Bertanam Bugenvil di Beenyo Farm Jombang

“Paling tidak dengan melihat langsung lomba selam mereka akan mengetahui olahraga selam yang sesungguhnya hampir seperti olahraga renang tetapi memakai alat,” tambah Yusuf.

Purnawirawan TNI AL itu menambahkan pihaknya menyadari tidak semua wilayah kecamatan memiliki kolam renang yang ukurannya memenuhi standar. Untuk itu dia menyarankan kepada para peselam bisa memanfaatkan kolam renang wisata yang ada untuk berlatih.

“Di Banyuwangi kolam yang standar nasional hanya ada di GOR Tawangalun dan ada program latihan bersama setiap hari Minggu. Mereka yang sehari-hari berlatih di kolam wisata dan tidak standar bisa ikut berlatih bersama untuk adaptasi sekaligus mampu mengoptimalkan potensinya dalam berlatih selam,” pungkas Yusuf.


Topik

Olahraga Selam banyuwangi dispora banyuwangi possi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni