Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Aksi Terjun Payung TNI Nyangkut di Antena Rumah Warga Blitar

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

28 - Nov - 2023, 15:29

Placeholder
Detik-detik parasut anggota TNI AU nyangkut di antema rumah warga. (Foto: Instagram @info__seputaran__blitar)

JATIMTIMES - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan aksi terjun payung anggota TNI AU nyangkut di rumah warga Blitar. Video berdurasi 30 detik tersebut diunggah oleh akun Instagram @info__seputaran__blitar. 

Dalam video yang dibagikan tampak ada banyak anggota TNI AU yang sedang latihan terjun taktis (latjuntis). Salah satu penerjun tampak mendekati atap rumah salah satu warga. 

Baca Juga : Operasi Pasar Murah di Kota Blitar Diserbu Warga: Bahan Pokok Terjangkau, Solusi Tepat Hadapi Kenaikan Harga

Tak lama kemudian terlihat parasut penerjun anggota TNI AU tersebut nyangkut di antena rumah warga. Sehingga membuat penerjun mendarat di atap rumah warga. 

Sementara antena yang tersangkut parasut patah. Kemudian parasut tersangkut kabel aliran listrik yang memanjang tersambung antara rumah satu dengan lainnya. Dari suara di video, juga terdengar suara genting pecah hingga sejumlah warga berlarian mendekat untuk memberi pertolongan.

Dalam keterangan di video dijelaskan bahwa insiden tersebut terjadi pada Senin (27/11/2023) pagi di Gembongan, Ponggok, Blitar. 

"Detik-detik payung salah satu penerjun nyanthol di anten milik penduduk desa Gembongan Ponggok #blitar pada Senin pagi 27 November 2023," tulis keterangan dalam video.

Dalam video yang lainnya juga tampak penerjun anggota TNI AU tersebut selamat. Terlihat penerjun itu duduk dengan ekspresi merunduk kebingungan. Tampak juga seorang anggota TNI AU lainnya yang menemani penerjun tersebut. 

"Nyantol bentar gak ngaruh, mas penerjunnya aman, slamet lahir batin," kata @info__seputaran__blitar. 

Unggahan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak warganet yang bersyukur karena penerjut selamat. 

"Sing penting slamet sek an, alhamdulillah, ……," ujar @ekas****. 

"Alhamdulillah intine tetap jaga faktor keamanan mass, bersama Tuhan menyerbu dari langit," kata @nurizah_nan****. 

Sementara itu, Komandan Koramil Ponggok Kapten Inf Slamet Gunarto menjelaskan, penerjun adalah salah satu serdadu Batalyon Infanteri Para Raider 501 Madiun yang sedang menjalani latjuntis di lapangan Ponggok.

Baca Juga : Telaga Rambut Monte: Jejak Kehidupan Mistis dan Keindahan Alam yang Memesona di Blitar

Sebanyak 211 personel TNI mengikuti latihan terjun payung pada Senin (27/11) yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Dalam latihan itu, area target pendaratan atau drop zone memang ditetapkan di Desa Gembongan yang berada di perbatasan wilayah Kecamatan Ponggok dan Kecamatan Udanawu. 

Dari 211 penerjun, hanya satu yang melenceng dari drope zone yang ditentukan. Satu penerjun yang melenceng dari drop zone tersebut adalah Serda Sinaga. Payungnya melenceng sejauh sekitar 50 meter dari area pendaratan. Tapi Serda Sinaga selamat.

Lebih lanjut, Slamet menjelaskan posisi Serda Sinaga mendarat melenceng sekitar 1 atau 2 km. Slamet menyebut, kejadian seperti itu biasanya terjadi karena pengaruh angin di atas. 

Sementara, kondisi Serda Sinaga sendiri selamat tidak mengalami luka walaupun mendarat di atap rumah warga.

Saat latihan, Slamet menjelaskan pihaknya berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik. Sehingga, ketika terjadi kejadian seperti demikian, tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan tempat Serda Sinaga mendarat, atapnya ada yang pecah. Namun  dijelaskan Slamet, warga tidak meminta ganti rugi. Bahkan warga gotong royong membenahi atap rumah yang pecah tersebut. 


Topik

Peristiwa Penerjun payung vidwo viral nyangkut di antena Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy