Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Dispora Banyuwangi Kolabrasi POSSI Gelar Kejuaraan Selam Pelajar

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Nov - 2023, 21:01

Placeholder
Abdul Aziz Hamidi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi saat menyerahkan hadiah pemenang Kejuaraan Selam Pelajar di Kolam Renang GOR Tawangalun Banyuwangi (foto: Nurhadi BanyuwangiTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi berkolaborasi dengan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Banyuwangi menggelar Kejuaraan Selam Pelajar Tahun 2023 di kolam renang GOR Tawangalun Banyuwangi pada 27 – 28 November 2023.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi, sebagai lembaga yang tugas pokok fungsi (Tupoksi) nya membina olahraga pada prinsipnya akan memberikan support kepada semua cabang olahraga (Cabor) yang tumbuh dan berkembang di Banyuwangi.

Baca Juga : Pelatih Arema FC Komentari Permainan Dua Pemain Asing Barunya, Locker Room Memanas?

“Harapan kita perkembangan cabor ini bisa merata walaupun tidak bisa kita bantu secara maksimal setidaknya ini stimulus agar bisa berkembang,” ujar Aziz Hamidi setelah pembukaan Kejuaraan Selam Pelajar Tahun 2023 pada Senin (27/11/2023).

Dia menuturkan sampai saat ini pihaknya melihat beberapa cabor yang bisa disupport agar bisa berkembang walaupun tidak semua namun ada beberapa cabor yang perkembangannya dinilai kurang sehingga mereka mampu menjadi lebih berkembang.

Terkait kemungkinan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Banyuwangi, menurut Aziz, ada beberapa pertimbangan untuk menggelar agenda tersebut antara lain karena keterbatasan dana yang ada.

”Sampai saat ini masih secara bertahap belum semuanya bisa kami laksanakan mudah-mudahan ke depan bisa melaksanakan konsep pembinaan seperti itu,” imbuh Aziz.

Sementara Ketua Pengkab POSSI Banyuwangi, Yusuf Widodo, mengungkapkan kolaborasi yang dibangun dengan Dispora Banyuwangi merupakan salah satu upaya mempersiapkan para atlet selam Banyuwangi yang akan mengikuti Kejuaraan di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) maupun di tingkat nasional.

Kejuaraan Selam Pelajar tahun 2023 yang digelar diikuti oleh 93 peserta yang berasal dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA negeri dan swasta yang ada wilayah Banyuwangi.

Adapun kelompok yang dilombakan antara kelompok usia (KU); KU 10-11tahun, KU 12-13 tahun, KU 14-15 tahun sampai dengan KU 18 Tahun.

Salah satu tujuan digelar Kejuaraan Selam Pelajar tahun 2023 untuk lebih mengenalkan dan memasyarakatkan cabang olahraga (Cabor) selam kepada masyarakat sejak usia dini sekaligus untuk menggali potensi dan bibit-bibit muda sejak usia dini.

Baca Juga : Dua Pemain Asing Baru, Arema FC Malah Kalah dari Persik Kediri

“Sehingga selalu ada atlet yang siap untuk mengikuti kejuaraan di tingkat Jatim maupun nasional dari semua kelompok usia,” jelas Yusuf.

Lebih lanjut dia berharap mampu melahirkan atlet selam Banyuwangi yang mampu menjadi juara di level Jatim, nasional bahkan di level internasional. Karena para pelatih memberikan program pelatihan harapannya mampu menjadi juara.

Untuk lebih memasyakatkan olahraga selam kepada warga masyarakat Banyuwangi salah satunya dengan menggelar Kejuaraan Selam Pelajar. Karena percuma saja berlatih apabila tidak kejuaraan untuk mengukur hasil latihan.

Terkait masih minimnya fasilitas  kolam renang di Banyuwangi yang memenuhi standar nasional, khususnya yang ada di beberapa kecamatan menurut Yusuf hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap para peselam yang biasa berlatih di kolam yang tidak standar.

“Kebetulan kolam GOR Tawangalun Banyuwangi panjangnya sudah sesuai dan bisa untuk pemecahan rekor. Namun untuk lebarnya harus 10 lintasan, indoor  dan dua tribun serta ada score board untuk standar nasional,” imbuh Yusuf.

Untuk itu bagi peselam yang terbiasa latihan di kolam renang yang tidak standar disarankan untuk berlatih setiap hari Minggu di kolam renang GOR Tawangalun untuk berlatih sekaligus adaptasi dengan kolam yang berukuran 50 meter, tambah Yusuf.


Topik

Olahraga Selam banyuwangi dispora banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni