Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kolaborasi Unisba Blitar dan Rumah BUMN: Membangun Wirausaha Digital di Era Society 5.0

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

27 - Nov - 2023, 13:54

Placeholder
Unisba Blitar jalin MoU dengan Rumah BUMN Blitar.

JATIMTIMES - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar terus beribar dengan kolaborasi. Terkini bersinergi dengan Rumah BUMN Blitar, Unisba Blitar menggelar acara "Digitalisasi Wirausaha Muda Smart Bersama Rumah BUMN Blitar Goes to Campus" yang menghadirkan konferensi kolaboratif kewirausahaan, Senin (27/11/2023). 

Dalam suasana yang penuh semangat dan harapan, acara tersebut mengusung tema besar: "Mewujudkan Entrepreneur Baru di Era Society 5.0 Bersama Rumah BUMN dan Unisba Blitar."

Baca Juga : Graha Bangunan Perkenalkan Granit Motif Bulu, Alternatif Lantai Bernilai Estetis Tinggi

Acara ini dihadiri sejumlah pemangku kepentingan, seperti general affairs PLN UID Jatim, Micro Mentor Indonesia, pengelola Rumah BUMN Blitar, serta para wakil rektor dan pejabat di kampus Unisba Blitar. Dalam sambutannya, Dr H Soebiantoro MSi, rektor Unisba Blitar, menyampaikan kolaborasi ini diharapkan membawa perubahan signifikan di dunia kewirausahaan.

“Kolaborasi antara Unisba Blitar dan Rumah BUMN Blitar menjadi tonggak penting dalam menggalang kesadaran akan pentingnya digitalisasi dan transformasi wirausaha muda yang cerdas,” kata Soebiantoro.

Dalam kesempatan ini,  Soebiantoro memaparkan data yang mengesankan. Menurut dia, hasil survei pada acara yudisium tahun 2023 menunjukkan bahwa dari total 750 lulusan, sebanyak 170 di antaranya telah memulai usaha mereka sendiri, mencapai angka sebesar 22,66%. Dengan jumlah mahasiswa aktif saat ini yang mencapai 3.950 orang.

“ Unisba Blitar yakin akan potensi besar yang dimiliki oleh kaum milenial dan generasi Z dalam dunia kewirausahaan,” tegasnya.

Soebiantoro juga menekankan bahwa kolaborasi antara Unisba Blitar dan Rumah BUMN Blitar tidak hanya berfokus pada menciptakan wirausaha baru, tetapi juga pada upaya merawat serta meningkatkan kualitas usaha kecil dan menengah yang telah ada. Program-program unggulan seperti inkubasi bisnis, pelatihan kewirausahaan, serta pembinaan generasi milenial dan generasi Z melalui co-learning space dan co-working space menjadi pusat perhatian dari kerja sama ini.

Perwakilan dari Rumah BUMN Blitar juga turut memberikan pandangan. Mereka menyambut hangat kerja sama ini dengan membawa misi corporate social responsibility (CSR) PLN sebagai pijakan utama. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Universitas Islam Balitar yang mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di era digital ini.

“Melalui kolaborasi yang erat ini, diharapkan akan lahir lebih banyak wirausaha baru bukan hanya dari kalangan mahasiswa Unisba Blitar, namun juga dari masyarakat Blitar Raya secara luas,” ungkap Manajer UP3 PLN Kediri Leandra Agung Tri Riadi Putra.

Baca Juga : Motivasi Pegawai di Apel Rutin, Kabiro AUPK UIN Malang: Hargai Waktu dan Berani Hadapi Kesalahan 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Unisba Blitar Dr Supriono menyampaikan, Unisba Blitar dan Rumah BUMN Blitar sepakat melakukan MoU kerja sama. Dengan kerja sama ini diharapkan ke depan sinergi yang terjalin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus mendorong penguatan dunia kewirausahaan di tengah arus perkembangan era society 5.0.

Supriono pun menegaskan, semangat inovasi dan kolaborasi terus mengalir dalam setiap langkah yang diambil. Di tengah semangat itu pula, harapan untuk melihat lahirnya generasi wirausaha tangguh di masa depan semakin menguat.

“Dalam visi bersama ini, Unisba Blitar dan Rumah BUMN Blitar telah menandatangani komitmen untuk terus menjalankan program-program strategis guna menciptakan perubahan yang lebih baik bagi dunia kewirausahaan di Blitar dan sekitarnya,” pungkas Supriono.

 


Topik

Pendidikan Unisba Unisba Blitar Rumah BUMN Blitar Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy