Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Nawawi Jadi Ketua KPK Sementara, Nurul Ghufron: Sosok yang Tepat

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

26 - Nov - 2023, 13:16

Placeholder
Nawawi Pomolango, sosok yang gantikan Firli Bahuri jadi Ketua KPK. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mendukung penuh penunjukan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri. Dengan penunjukan itu, Ghufron berharap Nawawi dapat mengembalikan marwah KPK.

"Saya pribadi sebagai kolega dari Pak Nawawi mendukung penuh penunjukan Pak Nawawi Pomolango sebagai Ketua sementara KPK. Saya rasa segenap insan KPK juga demikian akan mendukung dan berharap pada Pak Nawawi untuk mengembalikan marwah dan dukungan masyarakat kepada KPK," kata Ghufron kepada wartawan, Minggu (26/11/2023).

Baca Juga : Penting Diketahui, Tips Bebas Cedera saat Olahraga Pound Fit dan Zumba

Ia pun menilai penunjukan Nawawi sudah tepat. Ghufron menyebut Nawawi paling senior di antara pimpinan KPK dan tidak memiliki resistensi dari insan KPK.

"Rasanya Pak Nawawi adalah sosok yang tepat karena yang paling senior di antara kami pimpinan yang ada. Sehingga harapannya memiliki lebih kebijakan, serta beliau diterima atau tidak memiliki resistensi dari insan KPK," ujarnya.

Lebih lanjut Ghufron mengatakan, KPK sudah saatnya membuka diri untuk memperbaiki semua hal terutama di internal KPK. Ghufron meyakini Nawawi mampu membuat KPK bergandengan lagi dengan semua elemen bangsa untuk memberantas korupsi.

"Dan bagi kami ini saatnya kami membuka diri untuk memperbaiki semua hal baik internal dan eksternal. Kami yakin Pak Nawawi mampu kembali bergandengan dengan semua elemen bangsa pejuang antikorupsi," ungkapnya.

Seperti yang sudah diketahui, Presiden Jokowi telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian sementara Firli dari posisi Ketua KPK saat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (24/11) malam. Keppres pemberhentian sementara Firli termaktub Nomor 116 tanggal 24 November 2023.

Jokowi berharap KPK berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan Nawawi sampai terpilih ketua KPK baru. Firli diketahui diberhentikan sementara karena ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Semoga KPK berjalan dengan baik sampai nanti terpilih ketua yang baru," kata Jokowi usai menghadiri acara puncak Hari Guru Nasional di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Sabtu (25/11).

Baca Juga : Pemkab Bondowoso dan MUI Deklarasikan Pemilu Damai 

Kepala Negara Indonesia itu mengungkap banyak pertimbangan memilih Nawawi. Kendati demikian, Jokowi enggan membeberkan alasannya. Nawawi sendiri mengaku baru tahu dirinya ditunjuk menjadi Ketua KPK sementara pada Sabtu (25/11) subuh.

"Saya baru mengetahui penunjukan ini usai terbangun salat Subuh ini," kata Nawawi, Sabtu (25/11) pagi.

Sementara saat ini, Keppres tersebut juga telah diterima KPK. Pimpinan KPK akan melakukan rapat evaluasi usai menerima Keppres pemberhentian sementara Firli Bahuri.

"SK Presiden tentang pemberhentian sementara Pak FB sudah diterima oleh Sekjen KPK," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, Minggu (26/11/2023).


Topik

Peristiwa nawawi pomolango ketua kpk sementara nurul ghufron



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana