Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Review Samsung Tab A9, Ukurannya Lebih Ringkas Dan Bisa Menjelma Jadi HP

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

25 - Nov - 2023, 13:24

Placeholder
Samsung Tab A9 (Foto: Samsung)

JATIMTIMES - Orang-orang yang punya tablet biasanya mereka juga memiliki HP. Hal itu wajar, karena kedua perangkat tersebut menawarkan fungsi yang berbeda. Apabila smartphone berguna untuk menunjang komunikasi secara mobile, maka tablet bisa digunakan untuk hiburan dan pekerjaan. 

Namun, bagaimana jika fungsi dari kedua perangkat tersebut bisa dirasakan dalam satu wujud? Samsung juga tidak ingin ketinggalan dengan merealisasikannya melalui Samsung Tab A9. Perangkat satu ini sejatinya merupakan tablet, namun ukurannya jauh lebih ringkas dibandingkan tablet pada umumnya dan bisa digunakan untuk telepon serta mampu menjelma menjadi sebuah HP. Terlebih lagi, Samsung Tab A9 juga hadir dalam varian konektivitas seluler 4G LTE. 

Baca Juga : Inilah 7 Keunggulan Samsung Galaxy Tab A9, Tablet Mungil yang Multitasking

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan kelebihan – kelebihan lain yang dimiliki Samsung Tab A9, bisa simak ulasan berikut ini:

1. Desain

Samsung Tab A9 hadir dengan desain yang tampak minimalis. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari penampilan belakang tablet yang hanya tersedia dalam varian warna Graphite (hitam). Tak terlihat aksen yang neko – neko, hanya ada dua garis pembatas yang ada di bagian atas dan bawah. Kedua garis tersebut memisahkan bagian utama penutup belakang dengan dua bagian kecil. 

Bagian utama tablet menggunakan bahan material alumunium dengan finishing matte. Sementara, bagian kecilnya menggunakan polikarbonat. Kemudian sisi sampingnya menggunakan frame dengan bentuk flat (rata) dan menyatu dengan penutup belakang. Meski flat, namun frame-nya memiliki sedikit lengkungan, terutama pada bagian yang menuju ke layar dan penutup belakang, sehingga membuat pengalaman genggam makin nyaman. 

2. Prosesor

Diinformasikan bukan sebagai penerus Samsung Tab A8, tablet ini dipersenjatai oleh MediaTek Helio G99 dan didukung RAM 4 GB. SoC tersebut merupakan SoC 4G terkeren setidaknya hingga diluncurkannya Samsung Tab A9 pada Oktober 2023 lalu. 

Sejumlah pengulas merasakan responsivitas yang baik saat bernavigasi dengan tablet satu ini. Samsung Tab A9 juga terbilang lancar saat dipakai untuk browsing, berselancar di media sosial, dan multi-tasking. Intinya, tablet ini menawarkan performa yang mantap. 

3. Kamera

Di bagian sisi belakang tablet terdapat kamera utama beresolusi 8MP dengan kemampuan merekam video 1080p 30 FPS, dan tidak ada LED Flash disini. Beralih ke sisi depan, di bezel atas tersemat kamera selfie 2MP dengan kemampuan merekam video 720p 30 FPS. 

4. Baterai

Baca Juga : Spesifikasi Samsung M54 5G dan Harganya

Samsung Tab A9 dibekali kapasitas baterai tak terlalu besar yakni 5100 mAh. Meskipun kapasitas tersebut cenderung mirip dengan smartphone, namun siapa sangka ternyata daya tahan baterainya termasuk cukup awet. 

Dalam uji pemutaran video lokal 1080p yang dilakukan oleh Jagat Review, Samsung Tab A9 sanggup bertahan selama 18 jam. Daya tahan baterai tablet ini juga perlu diberi apresiasi mengingat kapasitasnya yang biasa saja, terlebih lagi di pasang pada perangkat dengan layar lebar. 

5. Fitur

Ada beberapa hal yang membuat Samsung Tab A9 disebut – sebut memiliki kemampuan multitasking yang keren. Pertama, karena tablet ini punya fitur Multi Windows yang bisa digunakan untuk membuka dua aplikasi sekaligus melalui split-screen, ditambah lima aplikasi dalam floating windows atau tampilan mengambang. Sehingga total kamu bisa menjalankan tujuh aplikasi sekaligus. 

Kemudian fitur taskbar layaknya di sebuah laptop Windows. Dengan fitur tersebut, kamu tak perlu pergi ke beranda terlebih dahulu saat ingin berpindah aplikasi. Selanjutnya fitur Edge Panel yang menawarkan fungsi mirip seperti taskbar. Hanya saja, Edge Panel baru akan muncul saat pengguna mengusap area kanan layar kea rah dalam. 

Samsung Tab A9 hanya tersedia dalam warna Graphite saja dengan dua pilihan yakni varian Wi-Fi dan varian LTE. Soal harga, varian Wi-Fi dibanderol dengan harga Rp. 2.299.000, sementara varian LTE seharga Rp. 2.799.000. 


Topik

Tekno Samsung Tab A9 harga tab samsung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi