Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Digelar Hari Ini, 11 Peserta Mancanegara Ikut Ramaikan Tajemtra 2023

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Nurlayla Ratri

25 - Nov - 2023, 08:32

Placeholder
Peserta Tajemtra saat mengambil nomor dada di sekretariat kantor Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemkab Jember (foto : Infokokm / jember TIMES)

JATIMTIMES – Event tradisional tahunan gerak jalan Tanggul Jember yang dikenal dengan sebutan Tajemtra digelar hari ini Sabtu (25/11/2023). Acara ini diikuti oleh ribuan peserta tidak hanya dari Jember, tapi juga dari luar daerah di beberapa provinsi. Bahkan juga diikuti oleh 11 peserta dari mancanegara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Pemkab Jember, Drs. Edy B. Susilo, kepada wartawan menyatakan, bahwa jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Peserta tidak hanya dari Jember dan sekitarnya, tapi juga ada dari Lombok, NTB dan Bali dan Sumatra.

Baca Juga : Tim Putri SD Lazuardi Optimalkan Peluang Juara Harjaba Cup 2023

“Peserta tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu, ada yang dari Papua, Kalimantan, juga ada yang dari luar negeri. Ada 11 peserta dari China yang ikut event tahunan kali ini,” ujar Edy B. Susilo Sabtu (25/11/2023).

Selain peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari mancanegara, Edy juga menyatakan, bahwa peserta tertua dalam Tajemtra yang menempuh jarak 30 kilometer tahun ini, tercatat berumur 83 tahun atas nama R. Soeprapto dengan nomor dada 01-0704.

“Peserta tertua berusia 83 tahun, atas nama pak Soeprapto warga Jalan Gajah Mada Kaliwates Jember. Semoga beliau selalu diberi kekuatan dan kesehatan, dan bisa sampai di garis finish dengan selamat tanpa ada hambatan,” ujar Edy.

Gerak Jalan Tajemtra ini, direncanakan akan dilepas oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto pada pukul 13.00 WIB di Kecamatan Tanggul, dengan finish di alun-alun Jember.

Selain itu, untuk memudahkan transportasi peserta dari Jember menuju start di Tanggul. Jalur utama yang dilewati akan ditutup untuk kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4. Pemkab Jember juga bekerja sama dengan PT. KAI Daop 9 Jember, dengan menyediakan kereta angkutan kereta luar biasa (KLB) dari Jember menuju Tanggul.

“Sebagai bentuk sinergi antara KAI Daop 9 Jember dengan Pemerintah Kabupaten Jember, KAI akan menjalankan Kereta Luar Biasa (KLB) Tajemtra yang bisa digunakan oleh para peserta Tajemtra untuk menuju Stasiun Tanggul secara gratis,” ungkap Pelaksana Harian manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo.

Baca Juga : Jaring Atlet Futsal, AFK Kota Malang Gelar Turnamen Piala Pj Wali Kota Malang Antar SMA/SMK Sederajat

Lebih lanjut Anwar menambahkan bahwa satu rangkaian kereta api dengan kapasitas 432 tempat duduk akan diberangkatkan dari Stasiun Jember 10.15 WIB dan akan tiba di Stasiun Tanggul pukul 10.50 WIB.

“Meskipun disediakan secara gratis, tapi bagi para peserta Tajemtra yang akan menggunakan kereta api tetap wajib memiliki tiket,” kata Anwar.

Untuk mendapatkan tiket tersebut, para peserta harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia. Pada formular tersebut peserta harus mengisikan nomor pendaftaran serta Nomor Induk Kependudukan (NIK), hal itu untuk memastikan bahwa satu peserta hanya bisa memiliki satu tiket. Setelah itu nanti KAI akan mencetakkan tiket sesuai dengan formulir yang telah diisi oleh peserta, sehingga masing-masing peserta akan duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket. (*)


Topik

Olahraga Jember Tajemtra Tanggul



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Nurlayla Ratri