Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sembari Berkhidmah untuk Masyarakat, Ra Nasih Terus Perjuangankan Status Pahlawan Syaichona Cholil

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

24 - Nov - 2023, 17:55

Placeholder
Ra Nasih saat menerima penghargaan FJN Award 2023 dari pengurus Forkom Jurnalis Nahdliyin di Foodies Gallery, Surabaya. 

JATIMTIMES - Mohammad Nasih Aschal atau lebih dikenal dengan sapaan Ra Nasih adalah salah satu kader muda NU mumpuni di Jawa Timur. Ia juga merupakan cicit langsung pendiri NU, KH. Syaichona Cholil, Bangkalan, Madura.

Ketua Umum Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) Muhamad Didi Rosadi mengatakan, Jawa Timur sebagai basis sekaligus tempat NU lahir adalah gudangnya kader nahdliyin. Namun, Ra Nasih adalah satu dari sedikit kader yang multitalenta dan juga unik.

Baca Juga : Hari Kesehatan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim JKM ke Kader Posyandu di Banyuwangi

"Ra Nasih ini multi talenta, beliau paket lengkap. Ya kiai, Ya politisi juga akademisi. Beliau sangat menginspirasi kader muda NU, tidak hanya di Madura dan Jawa Timur tapi juga di Nusantara," kata pria yang akrab disapa Diday itu, dalam keterangannya.

Diday menjelaskan, sebagai perkumpulan jurnalis nahdliyin, FJN mempunyai komitmen mensupport kader muda NU yang memiliki potensi dan kontribusi kepada NU. Pihaknya menilai Ra Nasih konsisten melanjutkan tradisi keilmuan di NU dengan mengembangkan pendidikan di lingkungan pondok pesantren Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan.

Jurnalis koran harian terbitan Surabaya ini menambahkan, Ra Nasih juga adalah seorang akademisi. Ia tercatat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh Cholil (STAIS) Bangkalan. 

"Ra Nasih tidak hanya menjaga tradisi pendidikan pesantren, ia juga mengembangkan tradisi keilmuan ilmiah lewat kampus STAIS Bangkalan. Ini salah satu alasan FJN memberikan apresiasi Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 kepada dzurriyah Syaichona Cholil tersebut," ujar Diday.

Kader GP Ansor Surabaya ini mengungkapkan, Ra Nasih sebagai seorang politisi berhasil mendapatkan legitimasi masyarakat Madura dengan duduk sebagai anggota DPRD Jatim. Ini menunjukkan dia mendapat kepercayaan dan dipercaya masyarakat Madura.

Menurutnya, Ra Nasih sebagai wakil rakyat sepak terjangnya banyak dirasakan nilai positifnya oleh masyarakat yang menjadi konstituennya. Ia juga banyak menginisiasi kebijakan yang pro rakyat, termasuk bermanfaat untuk nahdliyin yang merupakan mayoritas di Jawa Timur.

Baca Juga : Satlantas Polres Tulungagung Peduli Keselamatan Pengendara di Perlintasan Kereta Api, Imbau 'Berteman"

Sementara itu, Ra Nasih yang menerima apresiasi Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 dari FJN mengaku tidak menyangka mendapat penghargaan tersebut. Anggota Fraksi NasDem ini mengaku tidak pernah berharap mendapat penghargaan atas kinerja yang ia lakukan.

"Tapi saya berterima kasih bila apa yang saya lakukan mendapat apresiasi. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bersama, dan menambah semangat saya untuk berbuat lebih baik lagi di masa depan," kata Ra Nasih. 

Selain sebagai anggota DPRD Jatim, dia juga tengah memperjuangkan status Syaichona Cholil yang merupakan pendiri NU agar bisa mendapat gelar pahlawan. "Secara administrasi sebenarnya sudah lengkap. Sampai sekarang ini kami masih menunggu," imbuhnya.


Topik

Peristiwa ra nasih syaichona cholil gelar pahlawan nasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana