Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tim Juri Lomba SAK-RT Selesai Lakukan Visitasi di 15 Wilayah

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

23 - Nov - 2023, 20:26

Placeholder
Tim juri Lomba SAK-RT 2023 saat melakukan visitasi di lokasi terakhir, yakni di RT 55/RW 15, Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Kamis (23/11/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tim juri Lomba Solidaritas Aman Keluarga-Rukun Tetangga (SAK-RT) 2023 telah menuntaskan kegiatam visitasi di 15 wilayah yang terpilih menjadi 15 besar. 

Koordinator Tim Juri Lomba SAK-RT 2023 Pedro Da Silva menyampaikan, selama lima hari tim juri Lomba SAK-RT 2023 telah melakukan visitasi ke 15 wilayah yang tersebar di 13 kecamatan. 

Pria yang juga merupakan kepala seksi kewaspadaan masyarakat Satpol PP Kabupaten Malang ini menuturkan, hari pertama visitasi berlangsung di Kecamatan Singosari dan Dau pada Rabu (8/11/2023). 

Kemudian di hari kedua  kegiatan visitasi berlangsung di Kecamatan Jabung, Tumpang, Poncokusumo dan Wajak pada Kamis (9/11/2023). Lalu berlanjut di hari ketiga kegiatan visitasi berlangsung di Kecamatan Turen, Dampit dan Tirtoyudo pada Selasa (21/11/2023). 

Selanjutnya di hari keempat, kegiatan visitasi berlangsung di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) dan Bantur pada Rabu (22/11/2023). Terakhir kegiatan visitasi berlangsung di Kecamatan Sumberpucung dan Pagak pada Kamis (23/11/2023). 

Pedro menuturkan, berdasarkan hasil visitasi tersebut, sebanyak 15 besar yang tersaring dari 75 pendaftar Lomba SAK-RT, banyak yang sesuai dengan indikator penilaian. 

Untuk lomba ini, terdapat beberapa indikator penilaian. Mulai dari tangguh keamanan, tangguh kesehatan dan tangguh ekonomi. Tak lupa pada kegiatan visitasi tersebut, masyarakat di masing-masing wilayah juga terus secara masif mengampanyekan stop rokok ilegal dengan jargon "Gempur Rokok Ilegal". 

Pihaknya menyampaikan, setelah selesainya proses visitasi di masing-masing wilayah, tim juri Lomba SAK-RT 2023 akan melakukan rekapitulasi nilai dan segera diumumkan ke masyarakat luas. 

"Dari 15 peserta akan dipilih juara satu, dua dan tiga, serta harapan satu, dua dan tiga. Total ada enam pemenang," ujar Pedro, Kamis (23/11/2023). 

Nantinya untuk juara satu Lomba SAK-RT 2023 akan diumumkan pada malam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 tahun pada tanggal 28 November 2023 mendatang. 

"Di tanggal 28 November nanti, Pak Bupati secara langsung akan menyerahkan hadiah kepada juara satu Lomba SAK-RT 2023,"ujar Pedro. 

"Sedangkan untuk peserta yang lain, Satpol PP dan JatimTIMES.com akan membuat acara awarding sendiri. Nanti rencananya semua peserta mungkin kita akan undang semua," imbuh Pedro. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap ke depan Lomba SAK-RT 2023 dapat diikuti oleh lebih banyak peserta. Pasalnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menggali potensi dan memantau kondisi ketentraman ketertiban umum (trantibum) di masing-masing wilayah. 

"Kita harapkan adan peningkatan peserta dan kemungkinan akan kita tambah indikator penilaiannya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat," pungkas Pedro.
 


Topik

Pemerintahan Lomba SAK RT Satpol PP Kabupaten Malang Pemkab Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy