Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Diskusi Pemilu 2024, Meski Beda Pilihan Generasi Muda Diajak Jaga Kesatuan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

23 - Nov - 2023, 14:33

Placeholder
Diskusi Pemilu 2024 di Kampung Mahasiswa Malang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Generasi muda harus kritis dalam melihat fenomena politik jelang Pemilu 2024. Pesan itu disampaikan oleh Koordinator Kawan Gibran, Ali Muthohirin dalam acara Dialog Para Pendukung bertajuk "Berbeda Pilihan Tapi Tetap Satu Indonesia" yang diselenggarakan Cangkir Opini di Kampung Mahasiswa, Malang pada Rabu (22/11/2023) malam.

Ali yang juga merupakan mantan Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu memberikan pesan kepada generasi muda untuk tidak mudah terombang ambing atau terbawa arus politik jelang pesta demokrasi 2024.

Baca Juga : Kaum Adam Waspadai Andropause, Simak Penjelasan Dokter Spesialis Andrologi RSI Unisma

“Dalam melihat politik elite ini, jangan sampai terbawa arus. Kaum muda harus mampu melihat pola politik yang terjadi hingga sekarang,” kata Ali.

Dia menambahkan, sudah saatnya anak muda bukan hanya sekadar sebagai objek politik. Namun juga memainkan peran perannya dalam membangun dan memajukan negeri.

“Prabowo-Gibran merupakan pasangan yang ideal. Juga bisa menyuarakan isu isu anak muda,” lanjut Ali.

Selain Ali, dalam acara Dialog Para Pendukung itu juga turut hadir pula dr Gamal Albinsaid. Ketua Bidang Kepemudaan Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) itu menilai bahwa masalah anak muda saat ini adalah lapangan kerja, sembako dan juga korupsi.

“Kalau menurut survei CSIS, pemimpin yang diinginkan pada 2019 lalu sebanyak 38 persen adalah pemimpin yang merakyat. Sekarang, tren pemimpin yang diinginkan, sebesar 37 persen, adalah pemimpin yang jujur dan antikorupsi,” ucap pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar itu.

Menurutnya, saat ini selain ingin menghadirkan perubahan, pasangan Anies-Muhaimin punya komitmen yang besar untuk membuka lapangan kerja dan pengembangan ekonomi. “Ide besarnya adalah keadilan dan perubahan,” ungkap Gamal.

Baca Juga : Tidak Hanya Beri Edukasi Manajemen Keuangan, OJK Jember Bersama Pemkab Juga Berikan Penyuluhan Pencegahan Stunting

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr Wahyudi Winarjo menyampaikan pesan agar publik tidak bersikap negatif terhadap perbedaan, terutama perbedaan pilihan politik. “Jangan tercuci otak dengan satu dimensi pemikiran,” ujar Wahyudi.

“Setelah itu, baru dipilah dan dipilih untuk menjadi keputusan,” lanjut dosen sosiologi UMM tersebut.

Terlepas dari semua perbedaan politik yang mungkin akan terjadi pada Pemilu 2024, semua pembicara dalam Dialog Para Pendukung tersebut bersepakat bahwa sangat penting untuk tetap menjaga persatuan Indonesia.

“Beda pilihan, tapi tetap satu Indonesia,” kata Nur Alim, moderator dalam Dialog Para Pendukung itu.


Topik

Politik Kawan Gibran Prabowo Subianto malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya