Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jaga Keamanan Jelang Pemilu 2024, Polres Blitar Kota Musnahkan 200 Knalpot Brong

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Nov - 2023, 19:04

Placeholder
Pemusnahan knalpot brong digelar di Mapolres Blitar Kota

JATIMTIMES - Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar Kota secara tegas melakukan tindakan pemusnahan terhadap 200 knalpot brong hasil dari razia gabungan. 

Pemusnahan dilakukan di halaman belakang Mapolres Blitar Kota pada Rabu 22 November 2023. Pemusnahan ini dilakukan sebagai langkah proaktif menjelang masa kampanye Pemilu 2024.

Baca Juga : Semangat Melalui Si- RAMBO Tekan Inflasi hingga Persiapan Sambut Tahun 2024

Kapolres Blitar Kota, AKBP Danang Setiyo, menyampaikan bahwa tindakan penertiban knalpot brong ini diambil untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, langkah ini adalah respons atas keluhan yang semakin marak dari masyarakat terkait gangguan yang ditimbulkan oleh suara bising knalpot brong, yang kerap mengganggu waktu istirahat masyarakat.

"Upaya kami bukan hanya sebagai reaksi terhadap keluhan masyarakat, tetapi lebih sebagai bentuk kepedulian kami terhadap generasi muda. Kami berupaya agar kegiatan mereka tidak mengganggu masyarakat sekitar serta tidak membahayakan keselamatan mereka," jelas Danang.

Di kesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Blitar Kota, AKP Taufik Nabila, menjelaskan bahwa pemusnahan knalpot brong ini dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya dipotong menggunakan gerinda, melainkan juga dihancurkan berkeping-keping untuk memastikan knalpot tersebut tidak dapat digunakan kembali untuk aktivitas ugal-ugalan di jalan raya.

"Proses pemusnahan 200 knalpot ini merupakan hasil dari operasi gabungan selama satu bulan terakhir. Kendaraan yang terlibat dalam pelanggaran telah diproses hukum dengan diberikan tilang. Kenalpot yang disita akan dimusnahkan secara menyeluruh sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," ujar Taufik Nabila dengan tegas.

Meskipun razia dilakukan secara berkala, sejumlah pemuda di Kota Blitar tampaknya tetap nekat menggunakan jalan protokol sebagai tempat untuk memperlihatkan keberanian dengan mengeraskan suara bising knalpot brong. Keluhan yang terus muncul dari masyarakat terkait gangguan waktu istirahat akibat kebisingan ini membuat kepolisian semakin tegas dalam menjalankan penegakan hukum.

Baca Juga : 7 Cara Menjaga Kebersihan Hewan Peliharaan di Rumah yang Tepat

Data dari Satlantas Polres Blitar Kota mencatat bahwa sejak awal tahun ini, terdapat lebih dari 500 keluhan dari masyarakat terkait suara bising knalpot brong di beberapa titik jalan protokol di Kota Blitar. Keluhan tersebut menyoroti tidak hanya gangguan terhadap kenyamanan, tetapi juga dampak negatif terhadap lingkungan serta potensi bahaya terhadap keselamatan pengguna jalan.

“Kami dari Satlantas Polres Blitar Kota telah mengambil langkah-langkah preventif, termasuk memasang spanduk peringatan dan melakukan sosialisasi kepada pemilik kendaraan agar tidak menggunakan kenalpot brong yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan. Namun, upaya tersebut belum memberikan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan pihak kepolisian,” tegas Taufik.

Dengan mendekati masa kampanye Pemilu 2024, keamanan dan ketertiban di Kota Blitar menjadi prioritas utama. Polisi berkomitmen untuk terus melakukan tindakan tegas dan pemantauan yang lebih intensif guna menghindari gangguan yang dapat meresahkan masyarakat selama periode ini.


Topik

Peristiwa Razia Knalpot knalpot brong pengamanan kampanye masa kampanye kota blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni