Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Top! BPJS Ketenagakerjaan Raih Gold Rank dalam Kompetisi ASRRAT 2023

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

22 - Nov - 2023, 07:35

Placeholder
BPJS Ketenagakerjaan sukses meraih Gold Rank dalam Kompetisi ASRRAT 2023

JATIMTIMES - Konsistensi BPJS Ketenagakerjaan dalam menerapkan prinsip-prinsip environment, social and governance (ESG)berhasil membawa institusi ini kembali mengukir prestasi di kancah nasional.

Terkini, BPJS Ketenagakerjaan meraih Gold Rank untuk kali kesekian dalam kompetisi Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2023 yang digelar oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR), Jakarta (6/11). Predikat tersebut merupakan yang tertinggi untuk kategori public sector yang diikuti oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Bupati Ipuk dan BPJS Ketenagakerjaan Launching Program Perlindungan 4.000 Pekerja Rentan di Desa Kedungwungu

Usai menerima penghargaan bergengsi tersebut, Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha menyatakan bahwa sesuai visi BPJS Ketenagakerjaan, prestasi ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan dan menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia.

Sebagai satu-satunya badan hukum publik yang ditunjuk pemerintah dalam menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan digitalisasi layanan yang memberikan dampak positif bagi peserta dan sejalan dengan prinsip  sosial dan lingkungan (environment and social). Adanya inovasi teknologi elektronik “know your customer” (e-KYC) pada aplikasi JMO mampu meningkatkan kecepatan proses pengajuan klaim, dari awalnya membutuhkan waktu 10-15 hari menjadi hanya 10-15 menit.

“Selain itu, adanya digitalisasi layanan mengurangi emisi limbah kertas hingga 13,9 persen dari tahun sebelumnya,” kata Suwandha.

Sementara dalam pelaksanaan prinsip kepatuhan atau governance, BPJS Ketenagakerjaan telah mengimplementasikan governance, risk, compliance, and control (GRCC) lewat sebuah strategi yaitu perlindungan empat lapis (four lines of defense) pada pengelolaan risiko institusi.

“BPJS Ketenagakerjaan akan terus berinovasi. Dalah satunya dengan digitalisasi. Ke depan kami akan berupaya melahirkan inovasi-inovasi lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga : Inovasi Adiarta Bawa Kota Batu Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2023

Di tempat lain, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi Eneng Siti Hasanah menyampaikan, insan BPJS Ketenagakerjaan selalu menjunjung nilai-nilai integritas sesuai dengan nilai budaya yang berada di BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan nilai-nilai tersebut, kita dapat melayani peserta dengan servis yang ekselen. Kita terus mengedepankan pelayanan prima dalam melayani masyarakat dalam hal ini kaum pekerja,” pungkas Eneng.


Topik

Ekonomi BPJS Ketenagakerjaan BPJAMSOSTEK manfaat BPJS Ketenagakerjaan penghargaan BPJS Ketenagakerjaan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy