Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Musda IPARI Tuban: Kolaborasi Lintas Agama Penyuluh Antar Agama

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Dede Nana

21 - Nov - 2023, 14:10

Placeholder
Kegiatan Musyawarah Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Tuban,(21/11/2023)(Foto Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Tuban jadi tempat pertemuan dan keakraban kerukunan penyuluh antar agama dalam pembukaan Musyawarah Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Tuban, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan diikuti Plt. Kakankemenag Tuban beserta jajaran Kasi, Ketua APRI, Ketua Paguyuban KUA, Perencana, Pranata Humas, Analis Kepegawaian, Bendahara, Penyuluh Agama Islam, Kristen, Budha, dan Konghucu, dan Penyuluh Agama Islam Kemenag Tuban baik yang PNS, PPPK ataupun Penyuluh Honorer yang menggambarkan semangat inklusivitas dalam kegiatan Penyuluhan Agama.

Baca Juga : Sinden Niken Salendri Sosialisasi Pemilu 2024, Ajak Warga Senori Tuban Datangi TPS

Plt. Kakankemenag Tuban, Moh. Qosim dalam sambutannya menyuarakan komitmen Kemenag Tuban mendukung peran Penyuluh Agama di tengah masyarakat. "Penyuluh Agama sebagai satu kesatuan dalam keragaman sebagai fondasi utama bagi keberhasilan IPARI Tuban, kami akan selalu mensuport IPARI kabupaten Tuban," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa,beberapa standar penyuluh Ideal. "Penyuluh dikatakan ideal jika memiliki akhlak yang baik atau memiliki Budi pekerti yang luhur, memiliki kompetensi atau keahlian, memiliki kebiasaan spiritual yang mendalam dan bisa menjadi contoh yang baik di masyarakat," kata Qosim kepada peserta.

Sementara, Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban Mashari menjelaskan kegiatan ini bertema "Harmoni Penyuluh Agama Kabupaten Tuban untuk Indonesia Damai." Acara ini dilatarbelakangi oleh Surat Edaran dari Direktur Penerangan Agama Islam tanggal 15 Agustus 2023 dan pembentukan IPARI Pusat tanggal 26 Mei 2023 serta IPARI Wilayah Jatim tanggal 8 November 2023," ujarnya.

Kemudian dari dasar tersebut Seksi Bimas Islam melaksanakan Musda IPARI di Kabupaten Tuban. "Kabupaten Tuban dengan cepat merespon untuk segera melaksanakan Musda IPARI," katanya.

Mashari menambahkan hal itu menunjukkan tekad Kementerian Agama untuk memperkuat peran Penyuluh Agama di tingkat kabupaten. Keberadaan  IPARI bertujuan meningkatkan profesionalisme penyuluh yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang melakukan bimbingan atau penyuluhan keagamaan dalam pembangunan di bidang agama.

"IPARI sebagai wadah peningkatan profesionalitas penyuluh lintas agama agar perannya lebih eksis baik sebagai agen perubahan maupun agen pembangunan," paparnya usai memberikan materi Mendigdayakan Peran Penyuluh Lintas Agama.

Baca Juga : Fokus Penataan Lalu-lintas di 5 Kecamatan, Dishub Kota Malang Gelar FGD Bersama FLLAJ

Salah satu Penyuluh Agama Budha Mardjoko di dampingi Penyuluh Agama Kristen Yemema mengaku sangat senang dan terhormat bisa berpartisipasi dalam acara ini. "Kami merasakan suasana yang hangat dan harmonis antara para Penyuluh Agama yang berbeda-beda, kami juga mengapresiasi penyelenggaraan acara ini, kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari sambutan-sambutan dan diskusi-diskusi yang ada," terangnya. 

Ia berharap agar Musda IPARI Tuban ini dapat memberikan dampak positif bagi para Penyuluh Agama lintas agama dan masyarakat Tuban. "Kami berdoa agar IPARI Tuban dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam menjaga kerukunan umat beragama di Tuban," imbuhnya.

Data diterima JatimTIMES selesai seremonial pembukaan, acara dilanjutkan sidang Musda untuk merumuskan program kerja, anggaran, serta struktur kepengurusan IPARI Kabupaten Tuban.

Musda tersebut terpilih Ketua Khoirul Muqim, Penyuluh Agama Islam dengan masa jabatan 4 tahun. Lanjut, kegiatan ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Badrus Soleh, Penyuluh Agama Islam. 


Topik

Pemerintahan musda ipari tuban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Dede Nana