Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Inovasi Galon D’Mesi Mejeng di Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa, Guru dan Sekolah Kabupaten Malang

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

18 - Nov - 2023, 16:55

Placeholder
Arifin Budiono dari SDN 4 Arjosari Kalipare saat memeragakan Galan D’Mesi di Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa, Guru dan Sekolah di halaman Pendapa Panji, Kabupaten Malang, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES) 

JATIMTIMES - Beragama inovasi dan kreativitas dicurahkan para guru, siswa dan sekolah dalam Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa, Guru dan Sekolah Kabupaten Malang 2023. Kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten menggandeng JatimTIMES ini berlangsung di halaman Pendapa Panji, Kabupaten Malang, Sabtu (18/11/2023). 

Salah satu inovasi yang cukup menarik adalah Galon D’Mesi. Galon D’Mesi ini adalah karya Arifin Budiono, guru dari SDN 4 Arjosari Kalipare. Karyanya itu cukup menarik perhatian pengunjung yang datang di stan Koordinator Wilayah Kalipare.

Baca Juga : Sambut Danyon Baru, Pemkab Bondowoso Terus Bangun Sinergitas dengan Yonif 514 Raider

Karyanya itu merupakan alat peraga untuk pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bahan-bahan untuk membuat alat karya tersebut yakni, nano spray, galon bekas, miniatur tanaman, awan dari busa, lampu sebagai tenaga matahari, dan air.

“Pertama nano spray diisi dengan air untuk efek memberikan efek dari awannya, lalu diletakkan pada ujung galon,” ucap Arifin.

Alat peraga itu merupakan siklus hidrologi secara sederhana, merupakan proses peredaran air dari laut ke atmosfer melalui penguapan. Kemudian turun ke permukaan bumi sebagai hujan, mengalir di dalam tanah menuju permukaan tanah menjadi sungai yang kemudian mengalir kembali ke laut.

Dengan model pembelajaran tersebut membuat siswanya lebih memahami proses sirkulasi air. Bahkan mereka lebih tertarik dengan hadirnya alat peraga.

“Ini sifatnya mekanis, jadi anak-anak (siswa)  suka melihat alat peraga ini,” imbuh Arifin.

Baca Juga : Heboh Penyebaran Nyamuk Wolbachia Bill Gates, Begini Tanggapan Pakar IDI 

Dengan alat peraga ini para siswa jauh lebih tertarik untuk belajar. Selain inovasi ini, ada 40 stand, diantaranya 33 stand korwil, 4 stand SMPN/S, 1 stand Dinas Pendidikan, 1 stan PKBM, 1 stand PGRI. Stand yang dihadirkan pun cukup menarik, sebab didesain dengan apik dan kreatif.

Sedang acara ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1263, sekaligus memberikan ruang kepada satuan pendidikan untuk berkreasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang melalui karya inovasi siswa, guru dan Sekolah sehingga dapat memberikan citra positif terhadap perkembangan pendidikan di Kabupaten Malang.

Tak hanya pameran, dalam acara ini terdapat lomba video inovasi penerapan Kurikulum Merdeka, serta malam puncak lomba dan pameran karya siswa, guru, dan sekolah.


Topik

Pendidikan lomba dan pameran kabupaten malang kurikulum merdeka



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri