Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Peserta PPG Lulus 93,05 Persen, LPTK UIN Malang Jadi Nomor Wahid di PTKIN

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

17 - Nov - 2023, 19:55

Placeholder
Yudisium dan pengukuhan guru profesional Prodi PPG Daljab Batch 1 2023. (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Progam Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi LPTK yang sukses dalam mencetak guru-guru profesional dan berkualitas.

Terbukti, Prodi PPG UIN Maliki Malang menempati urutan teratas tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk kelulusan PPG dalam jabatan (daljab) batch 1 tahun 2023 yang firsttaker. 

2

"Alhamdulillah kami persentase kelulusannya terbaik lagi se-Indonesia. FITK UIN Malang konsisten juara," jelas Dekan FITK Prof Nur Ali.

Baca Juga : Saring 360 Peserta, Panitia Tetapkan 10 Besar Lomba Video Inovasi Pembelajaran Sekolah

Dalam kegiatan yudisium dan pengukuhan guru profesional, yang diikuti 504 peserta dan digelar di salah satu hotel di Kota Batu, (16/11/2023), tingkat kelulusan prodi PPG LPTK UIN Malang batch 1 tahun 2023 untuk firsttaker mencapai 93,05 persen.

Sementara hanya terdapat 6,45 persen mahasiswa yang masih belum lulus. Tetapi, dijelaskannya, bahwa ketidaklulusan ini bukan karena kelemahan mahasiswa secara kompetensi, tetapi lebih kepada sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki peserta di faerahnya.

3

Dijelaskan Ali, 3 hal utama yang menjadi penyebab belum dapat mencapai kelulusan 100 persen adalah permasalahan jaringan internet di daerah asal peserta, fasilitas laptop dan juga terkait listrik.

"Masih ada yang kesulitan jaringan. Jadi, pas perkuliahan jaringan terkendala, lemot dan sebagainya," jelasnya.

Terkait perangkat laptop, memang beberapa dari para guru tidak memiliki laptop, atau bahkan laptop yang dimiliki dengan spesifikasi yang jadul, sehingga mereka kemudian harus meminjam laptop kepada rekan atau saudaranya.

"Ini juga jadi kendala. Kadang mereka masih kebingungan. Kalau pinjam laptop, kadang menunya beda, sehingga saat ujian bingung," katanya.

4

Dan problem yang ketiga adalah listrik. Beberapa daerah peserta, dijelaskan Prof Nur Ali, kerap dilanda pemadaman. Sehingga, saat peserta tengah melaksanakan ujian kerap terganggu. 

Baca Juga : Viral, Kampus Poltekom Malang Diduga Tak Bayar Gaji Dosen hingga Tak Gelar Perkuliahan

Untuk itu, pihaknya berharap ke depan pemerintah daerah dapat mendukung dan berkontribusi lebih untuk membantu dalam melengkapi kekurangan berbagai fasilitas yang ada didaerahnya.  

"Contohnya  Dinas Pendidikan Kalimantan Timur. Mereka bekerja sama dengan PLN untuk menjamin tidak akan mati listrik saat ujian.  Kemudian pemerintah juga dapat membantu laptop para guru, khususnya untuk para guru swasta," jelasnya.

5

Menurut Prof Nur Ali, hal ini tentunya juga berkaitan dengan pemerintah yang kerap mengampanyekan era digital dan pembelajaran hybrid. "Pemerintah berkali kali mengatakan era digital pembelajaran hybrid, tetapi guru tidak ada uang. Sementara sekolah swasta tidak semua kaya, ini perlu dibantu," terangnya.

Untuk terus menjaga kualitas Prodi PPG UIN Maliki Malang, berbagai langkah strategis dilakukan. Seperti halnya menjalin sinergitas dengan berbagai stakeholder ataupun pemerintah daerah dan juga meningkatkan kompetensi para dosen ataupun para pegawai di FITK.

Sementara itu, Prodi PPG Daljab LPTK UIN Maliki Malang juga ramah terhadap para mahasiswa disabilitas. Terdapat beberapa mahasiswa disabilitas, baik mereka yang tunahasta dan tunanetra yang menjalani studi dan kesemuanya berhasil lulus.

"Ini pesertanya dari berbagai daerah. Untuk peserta terjauh, kita ada yang dari Aceh sampai Merauke," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang UIN Malang kampus unggul



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy