Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Besok, Unisba Blitar Gelar Wisuda Sarjana : Luluskan 750 Wisudawan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Nov - 2023, 15:46

Placeholder
Yudisium tahun 2023, Unisba Blitar umumkan meluluskan 750 wisudawan

JATIMTIMES - Wisata Edukasi Kampung Coklat, Kabupaten Blitar bakal menjadi saksi bagi perayaan akhir dari perjalanan pendidikan para mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar.

Sebanyak 750 mahasiswa meraih kesuksesan dalam menyelesaikan studi mereka, mengukir catatan manis dalam perjalanan kuliah mereka. Wisuda Sarjana akan dilaksanakan Unisba Blitar pada Sabtu 18 November 2023.

Baca Juga : Berapa Gaji Petugas KPPS Pemilu 2024? 

Ya, wisuda menjadi bukti dari kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan oleh setiap mahasiswa selama menuntut ilmu di Perguruan Tinggi tersebut. Menurut Ir. Tri Kurniastuti M.MA, Wakil Rektor I, prosesi wisuda didahului dengan yudisium sebagai bentuk penegasan kesuksesan para mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi mereka, yang ditandai dengan penganugerahan gelar sesuai dengan fakultas masing-masing.

Surat keputusan SK.179/SK/UNISBA/VII/2023 telah menetapkan 750 mahasiswa sebagai lulusan program S1. Dalam surat keputusan ini, sebanyak 750 mahasiswa dinyatakan telah memperoleh kelulusan dari berbagai fakultas yang ada di kampus tersebut.

Dengan rincian yang diumumkan, fakultas teknik meluluskan 47 mahasiswa, sementara fakultas pertanian dan peternakan meluluskan 67 mahasiswa. Fakultas teknologi informasi juga tidak kalah dengan 70 mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi mereka. Sementara itu, fakultas sosial dan politik mengumumkan kelulusan 156 mahasiswa, dan fakultas ekonomi dengan bangga menerima 234 mahasiswa dalam daftar lulusan.

Selain itu, fakultas hukum menyaksikan 113 mahasiswa menyelesaikan pendidikan mereka, sementara fakultas keguruan dan ilmu pendidikan mengumumkan kelulusan bagi 63 mahasiswa. Dengan demikian, totalnya mencapai 750 mahasiswa yang resmi dinyatakan sebagai lulusan dari Unisba Blitar.

“Surat keputusan ini menjadi bukti dari upaya keras dan perjuangan yang dilakukan oleh para mahasiswa sepanjang perjalanan mereka di perguruan tinggi. Mereka telah mengukir jejak prestasi dalam berbagai bidang studi, mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia nyata setelah menyelesaikan pendidikan mereka di Unisba Blitar,” kata Wakil Rektor I Unisba Blitar, Ir Tri Kurniastuti.

Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya mendapat penghargaan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi di setiap fakultas. Berikut adalah nama-nama peraih IPK tertinggi:
1.    Syadan Theo Candra dari Fakultas Teknik prodi Teknik Elektro (IPK 3,70)
2.    Aan Dwi Ardiawan dari Fakultas Pertanian dan Peternakan prodi Agroteknologi (IPK 3,83)
3.    Devid Zukhomsin dari Fakultas Teknologi Informasi prodi Sistem Komputer (IPK 3,85)
4.    Rizky Puspita Ningrum dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik prodi Administrasi Negara (IPK 3,88)
5.    Fajar Putri Fismawati dari Fakultas Ekonomi prodi Manajemen (IPK 3,85)
6.    Tara Permatasari dari Fakultas Hukum prodi Ilmu Hukum (IPK 3,72)
7.    Rosid Humam dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (IPK 3,92)
Wisuda ini menjadi tonggak bersejarah bagi Unisba Blitar yang tidak hanya merayakan kesuksesan para lulusan namun juga mengapresiasi prestasi akademis yang luar biasa dari delapan mahasiswa terbaik dari masing-masing fakultas.

Rektor Unisba Blitar Sobiantoro menyampaikan sejumlah pesan penting kepada wisudawan Unisba Blitar. Pesan penting itu diantaranya rektor menegaskan pentingnya lima nilai yang menjadi dasar utama selama perjalanan pendidikan.

"Menghadapi dunia ini, mahasiswa harus memiliki pondasi kuat dari lima nilai penting," ucapnya dengan penuh semangat. 

Baca Juga : Nekat Curi Telur Demi Ketiga Anaknya di Minimarket, Ini Respon Polisi

Kelima hal tersebut yang pertama adalah berani bermimpi besar. Kedua, mempertahankan integritas dan etika sebagai pedoman dalam segala situasi kehidupan. Ketiga, senantiasa berkolaborasi dan bekerja sama. Keempat, jangan ragu untuk mengambil risiko dan selalu belajar dari pengalaman. Dan kelima, jangan lupakan tanggung jawab sosial kita.

Rektor dalam momentum wisuda ini juga menekankan pentingnya mahasiswa Unisba Blitar untuk tidak melupakan akarnya dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat.

"Jadilah sarjana yang peduli, aktif dalam kegiatan sosial, serta berperan dalam memperbaiki dunia," ujarnya dengan tegas.

Rektor juga menekankan bahwa keberhasilan tak hanya ditentukan oleh kemampuan akademis semata, tetapi juga oleh kedewasaan, sikap, kerja keras, dan kemandirian. Sebagai sarjana, mahasiswa memiliki tanggung jawab besar untuk memberi kontribusi positif bagi masyarakat.

"Pada tahap ini, para lulusan Unisba Blitar dituntut untuk berjuang dalam mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan. Saya berharap agar dalam enam bulan ke depan, seluruh sarjana baru ini dapat menemukan peluang pekerjaan. Sebagai kampus yang mendorong kewirausahaan, saya juga berharap mereka dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Unisba unisba blitar universitas balitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni