Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bertemu Menhan se-ASEAN dan AS, Prabowo Bahas Krisis Kemanusiaan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

16 - Nov - 2023, 11:29

Placeholder
Prabowo di acara The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan menhan se-ASEAN dan Menhan Amerika Serikat Lloyd J. Austin. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyinggung krisis kemanusiaan hingga keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Hal itu mengemuka saat Prabowo Subianto beserta menhan se-ASEAN menggelar pertemuan dengan Menhan Amerika Serikat Llyod J. Austin III di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/11/2023). Diketahui, Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca Juga : Nekat Curi Telur Demi Ketiga Anaknya di Minimarket, Ini Respon Polisi

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyinggung krisis kemanusiaan hingga keamanan di kawasan Indo-Pasifik. "Kemitraan yang dibangun dengan kepercayaan, nilai-nilai bersama, dan komitmen terhadap perdamaian, keamanan, serta kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," kata Prabowo, dalam keterangan resmi, Kamis (16/11/2023).

Menhan Indonesia itu kemudian mengingatkan setiap negara memiliki kewajiban untuk memastikan terciptanya stabilitas keamanan di kawasan serta menghormati kepentingan nasional masing-masing. Dia menyinggung beragam ancaman dan tantangan yang dihadapi berbagai negara.

"Pertemuan hari ini di antara ASEAN dan AS merepresentasikan kesempatan berharga untuk meningkatkan kerja sama serta pemahaman bersama terkait lanskap keamanan yang tengah berkembang saat ini di kawasan," ucap Prabowo.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini begitu beragam dan kompleks. Mulai dari ancaman tradisional sampai ancaman nontradisional yang tengah berkembang, seperti ancaman siber; kejahatan transnasional; serta krisis kemanusiaan," sambungnya.

Prabowo juga mendorong, ASEAN dan mitra dialognya, termasuk AS, harus terus bekerja sama dan mempromosikan terciptanya perdamaian dan keamanan di kawasan. Menurut dia, forum ini menjadi salah satu bentuk kerja sama tersebut.

"Ini menjadi kesempatan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang lainnya, yang sekaligus bisa meningkatkan kapasitas negara-negara ASEAN dalam menghadapi ancaman yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik," pungkas Prabowo.

Baca Juga : Israel Serbu RS Al-Shifa Gaza, Serukan Hamas untuk Menyerah

Diketahui, Prabowo memimpin acara The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 hari ini.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh menteri-menteri pertahanan anggota ASEAN yang hadir dalam ADMM Ke-17 di Jakarta, yaitu, Menteri Pertahanan Kamboja/Wakil Perdana Menteri (PM) Kamboja Jenderal Tea Seiha, Menteri Pertahanan Laos/Wakil PM Laos Jenderal Chansamone Chanyalath, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Filipina Gilberto C. Teodoro, Jr., Menteri Pertahanan Malaysia Dato Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan, Menteri Pertahanan Thailand Sutin Klangsang, Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Phan Van Giang, dan Menteri Pertahanan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Mayor Jenderal (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Sementara itu, Timor Leste yang statusnya masih observer dalam ADMM Ke-17 diwakili oleh Menteri Pertahanan Prof Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes.


Topik

Peristiwa Prabowo Subianto menhan se-ASEAN krisis kemanusiaan akhiri konflik dunia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy