Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pelayanan Prima Identitas Kependudukan, Si Jaran Ijo Disdukcapil Blitar Terjun ke Desa Jimbe dan Maliran

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

14 - Nov - 2023, 20:17

Placeholder
Tim Si Jaran Ijo merekam e-KTP warga Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar

JATIMTIMES - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Blitar mengerahkan tim Si Jaran Ijo untuk kegiatan perekaman data kependudukan di Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, dan Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Selasa (14/11/2023). Perekaman e-KTP secara door to door ini menyasar penduduk kategori rentan yaitu lansia, ODGJ dan disabilitas. 

Di Desa Jimbe, tim Si Jaran Ijo menargetkan 8 sasaran untuk direkam, namun hanya berhasil merekam data 6 orang. 6 orang itu terdiri dari 4 lansia dan 2 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dari giat ini, satu orang tidak dapat direkam karena telah meninggal dunia sebelumnya. Kendala utama yang dihadapi tim adalah sinyal telepon seluler yang tidak stabil. Namun demikian, kendala tersebut berhasil diatasi karena tim Si Jaran Ijo telah berpengalaman beraksi di lapangan. 

Baca Juga : Antisipasi Dimanfaatkan Kepentingan Politik, Camat Bangsalsari Monitoring Pembagian BPNT dan CPP

Sementara itu, di Desa Maliran, tim Si Jaran Ijo menargetkan 34 sasaran untuk direkam data kependudukannya. Dari giat ini tim Si Jaran Ijo berhasil merekam data dari 26 orang, dan  7 di antaranya ternyata sudah memiliki KTP. 

Di Desa Maliran, terjadi insiden dimana salah satu ODGJ tidak berkenan untuk direkam dan melarikan diri. Kendala teknis yang dihadapi tim di Desa Maliran lebih kompleks, mulai dari sulitnya sinyal telekomunikasi di beberapa wilayah, putusnya kabel finger alat TLA Srengat yang diperlukan, hingga kesulitan dalam menyimpan hasil rekaman untuk jangka waktu yang lama. 

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Blitar, Imam Safii, menyampaikan, meskipun terdapat kendala teknis, pihaknya tetap berkomitmen untuk melanjutkan upaya pemutakhiran data kependudukan guna meningkatkan akurasi informasi kependudukan khususnya penduduk kategori rentan. 

“Kendala-kendala di lapangan seperti itu umum terjadi. Namun bisa diatasi karena tim kami sudah berpengalaman dan telah mendapatkan pelatihan. Skill mereka sudah sangat terasah dan dapat diandalkan. Sementara untuk ODGJ, tentunya nanti akan kita jadwalkan perekaman ulang, karena ODGJ juga adalah warga Negara yang berhak untuk memiliki identitas kependudukan,” tegas Imam Safii. 

Imam menambahkan, Si Jaran Ijo adalah upaya Disdukcapil Kabupaten Blitar untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, memastikan bahwa data kependudukan tercatat dengan akurat, serta memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan identitas resmi yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). 

Baca Juga : Turun ke Desa Balerejo, Si Jaran Ijo Disdukcapil Pemkab Blitar Rekam e-KTP 11 Warga Berkebutuhan Khusus

“Kami percaya bahwa dengan adanya Si Jaran Ijo, kami dapat meraih kemajuan yang lebih baik dalam pencatatan kependudukan, menghasilkan data yang akurat dan terpercaya, serta memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan prima kepada masyarakat Kabupaten Blitar yang berada dalam kondisi keterbatasan. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak dalam upaya kami meningkatkan layanan identitas kependudukan di wilayah kita, Kabupaten Blitar tercinta,” pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan disdukcapil Kabupaten Blitar si jaran ijo imam safii perekaman ektp kabupaten blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya