Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ciptakan Keamanan dan Keselamatan Berkendara, UPT PPP LLAJ Dinas Perhubungan Jatim Adakan Operasi Gabungan

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

14 - Nov - 2023, 19:05

Placeholder
Pelaksanaan operasi gabungan UPT PPP LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, TNI/Polri dan Instansi terkait di Terminal Bus Brawijaya Banyuwangi. (foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Dalam upaya menjamin keamanan kenyamanan dan keselamatan para pengendara sepeda motor maupun mobil, Unit Pelaksana Teknis Pengelola Prasarana Perhubungan Lalu Lintas Angkutan Jalan (UPT PPP LLAJ) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar operasi gabungan bersama dengan TNI/Polri, Bapenda Jatim, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi dan beberapa dinas terkait yang lain

Operasi gabungan  tersebut  dilaksanakan di Terminal Bus Brawijaya, Karangente,Banyuwangi pada Selasa (14/11/2023).

Baca Juga : Mantan Menkes Siti Fadilah Tolak Penyebaran Nyamuk Wolbachia di Indonesia 

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Prasarana Perhubungan Lalu Lintas Angkutan Jalan (UPT PPP LLAJ) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Agus Setiyono,  jumlah kendaraan yang diperiksa selama operasi tercatat 125 kendaraan.

“Yang melanggar 35 kendaraan dengan  jenis pelanggaran kelaikan kendaraan 15 kendaraan  karena habis berlaku uji dan cara muat. Kemudian pelanggaran STNK/SIM jumlahnya  20 kendaraan,” jelas pejabat yang akran disapa Agus Tyo tersebut.

Lebih lanjut dia menuturkan, apabila masyarakat ingin selamat dalam berkendara, maka semuanya harus terukur baik kendaraan secara teknis, administrasi dan fisik pengendaranya harus sehat.

Apabila dalam operasi ditemukan pelanggaran kelaikan kendaraan yang terkait fungsi Dinas Perhubungan, maka dikenakan tilang sosialisasi dan edukasi pentingnya kelaikan kendaraan yang menjadi alat untuk bekerja.

Bagi wagra yang melakukan pelanggaran terkait dengan surat tanda nomor kendaraan dan surat izin mengemudi (STNK dan SIM) l, maka untuk penindakan diserahan kepada petugas Satlantas Polresta Banyuwangi.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh UPT PPP LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Jatim bersama dengan tim yang terlibat dalam operasi gabungan kelima yang digelar tahun ini, sudah ada peningkatan kesadaran warga masyarakat terkait kelaikan kendaraan yang digunakan.

Baca Juga : Satpol PP Kabupaten Malang Wujudkan Kepedulian Lingkungan Melalui Lomba SAK-RT

“Alhamdulillah sudah ada penurunan terkait pelanggaran kelaikan kendaraan yang digunakan. Tetapi memang ada pelanggaran. Kami tidak segan-segan untu terus melakukan sosialisasi,” tambah pejabat asal Surabaya itu.

Sebagian besar pelanggaran yang ditemukan petugas gabungan adalah mati masa uji atau keterlambatan mengujikan kendaraan. Selain itu   masih ada  yang menggunakan bukti lulus uji yang berupa buku. “Padahal hal itu sudah tidak berlaku karena sekarang memakai smart card,”jelas Agus.

Tidak lupa Agus Tyo mengingatkan masyarakat untuk tertib berkendara, tertib berlalu lintas dan selalu menjaga keselamatan. Apalagi Banyuwangi dikenal sebagai kota pariwisata. "Jangan sampai orang malas ke Banyuwangi karena banyak kendaraan yang tidak laik jalan,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa Operasi gabungan Banyuwangi kendaraan tak laik jalan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy