Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Dinkes Jombang Buka Suara soal Makanan Stunting Berbelatung: Memang Ada Komplain

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

14 - Nov - 2023, 18:30

Placeholder
Sekretaris Dinkes Jombang Syaiful Anwar. (Istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang buka suara terkait pemberian makanan tambahan (PMT) yang terdapat belatung. Pihak Dinkes Jombang membenarkan adanya komplain dari penerima PMT tersebut.

Sekretaris Dinkes Jombang Syaiful Anwar mengatakan, ada komplain tentang menu  PMT dari sejumlah penerima yang dinilai tidak layak konsumsi. Salah satunya adanya belatung di menu sop sayur.

Baca Juga : Suara Perubahan Ada di Tangan Rakyat, Tolak Golput Demi Kemajuan Bangsa!

"Iya ada komplain. Jelasnya secara pasti saya kurang tahu. Tapi saya dapat informasi (ada belatung, red) gitu. Makanya itu dihentikan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (14/11/2023).

Syaiful mengatakan, program PMT itu baru dimulai Senin (13/11/2023), pada kegiatan pos perbaikan gizi (PPG) di masing-masing kecamatan. Paket makanan penambah gizi itu dibuat oleh pihak penyedia. Namun, jenis menu makanan ditentukan oleh Dinkes Jombang.

"Ya terkait pertumbuhan ekonomi lokal, dari Pak Jokowi mengarahkan bahwa PMT ini menggunakan makanan lokal. Ternyata apa yang kita takutkan terjadi. Maka PPG kami hentikan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, makanan penambah gizi untuk stunting di Jombang dikeluhkan warga di Kecamatan Sumobito. Menu makanan yang diberikan dianggap tidak layak konsumsi.

Baca Juga : Sidang Pemeriksaan Saksi Cincin Kawin di Jombang Kembali Ditunda

Pada menu sup sayur terdapat belatung di dalamnya. Keluhan itu datang salah satunya dari penerima di Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito.


Topik

Kesehatan Makanan berbelatung Jombang Dinkes Jombang pemberian makanan tambahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy