Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UIN Maliki Malang Terus Perlebar Jaring Kerjasama Internasional di Belgia 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

14 - Nov - 2023, 15:37

Placeholder
Jajaran pimpinan UIN Maliki Malang saat berkunjung ke NCC(ist)

JATIMTIMES - Lawatan para pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang ke Belgia, terus dimanfaatkan untuk memperluas jejaring kerjasama internasional

Usia melakukan meeting dengan DCM (Deputy Chief of Mission) atau Wakil Duta Besar Republik Indonesia dan Berkuasa Penuh KBRI Belgia, kunjungan berlanjut ke Nusantara Cultural Centre VZW-ASBL (NCC) Belgia, Senin (13/11/2023).

Baca Juga : Mutasi Dadakan Pejabat Eselon 2 Pemkab Blitar: Terkait Dinamika Politik Terkini?

NCC Belgia diketahui merupakan yayasan yang juga menaungi masjid pertama di Belgia. Kantor NCC terletak di Joseph Depauwstraat 43, 1600 St Pieters Leeuw Brussels.

2

Di sana, para pimpinan UIN Maliki Malang melaksanakan diskusi strategis yang mengerucut pada jalinan kerjasama. NCC Belgia dan UIN Maliki Malang siap melakukan kolaborasi internasional riset akademik.

Sampai di Kantor NCC, rombongan UIN Maliki Malang disambut hangat oleh Ketua NCC, Baktiar Hasan PhD. Setelah itu, dilakukan diskusi strategis yang membahas rencana strategis dalam berbagai hal.

Namun, dalam diskusi  yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, menghasilkan beberapa poin kesepakatan atau kolaborasi yang tentunya akan bermanfaat bagi UIN Maliki Malang maupun NCC.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA menjelaskan, bahwa dalam diskusi ini, menghasilkan poin-poin strategis yang nantinya akan jadi fokus kolaborasi.

"Tetapi yang paling utama adalah kolaborasi internasional riset akademik," jelasnya.

1

Untuk itu, agar dalam manfaat kolaborasi dapat segera dirasakan, maka nantinya rencana kolaborasi yang telah disepakati akan segera direalisasikan. Realisasi konkret terkait riset lebih mengarah ke bidang farmasi.

Baca Juga : Perkuat Reputasi International, Pimpinan UIN Maliki Malang Bertandang ke KBRI Belgia

Dijelaskan, bahwa NCC sangat mendukung kegiatan UIN Maliki Malang di Belgia. Bahkan mereka bersedia membantu dan memfasilitasi sekuat tenaga ketika  UIN Maliki Malang membutuhkan support. 

Sementara itu, untuk menjadi sebuah kampus unggul bereputasi internasional, networking merupakan sebuah keniscayaan yang penting. Jaringan kerjasama yang luas sangat diperlukan baik di tataran lokal, nasional dan bahkan internasional. 

Hal tersebut, tentunya akan memperkuat eksistensi kampus dan mendongkrak kualitas kampus untuk termotivasi lebih maju lagi. Untuk itulah, UIN Maliki Malang terus melebarkan jaring kerjasama dengan berbagai instansi dan berbagai negara.

Kerjasama yang terjalin ini meliputi beberapa aspek, utamanya pengembangan terkait kelembagaan, bidang akademik hingga manajemen pembelajaran/kurikulum. Sementara, dalam implementasinya dapat dilaksanakan dalam hal pertukaran mahasiswa, dosen, visiting profesor, simposium, konferensi hingga pada riset atau penelitian. 


Topik

Pendidikan uin maliki malang kerjasama internasional rektor uin maliki malang belgia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana