Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Crosser Nasional Asal Tulungagung Terancam Batal Ikuti Challenge di Malaysia

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

13 - Nov - 2023, 20:19

Placeholder
Fadila Navara (Foto : Istimewa for Tulungagung Times)

JATIMTIMES – Satu dari 20 pembalap Indonesia yang diundang untuk berpartisipasi dalam Johor International Motocross Challenge terancam batal berangkat. 

Ajang bergengsi yang akan berlangsung di Malaysia pada 8-10 Desember mendatang ini sedianya akan diikuti crosser nasional asal Tulungagung Fadila Navara.

Baca Juga : Segera Move On, Arema FC Akan Datangkan Pengganti Gustavo Almeida

Namun, hingga saat ini Fadila Navara belum memperoleh salah satu persyaratan yang diwajibkan untuk mengikuti event. Persyaratan itu adalah start permission dan FIM license dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Masalahnya, butuh biaya untuk mengurus persyaratan itu. Terus terang, kami berharap perhatian atau bantuan dari Pemkab Tulungagung," kata Totok Medjo, orang tua Fadila, Senin (13/11/2023).

Pembuatan start permission dan FIM license dari Ikatan Motor Indonesia (IMI)  menurut Totok  membutuhkan biaya sekitar Rp. 5.848.000 ditambah 1 juta rupiah. Totalnya sekitar 6.848.000 rupiah.

"Jika biaya untuk even, saya sebagai orang tua sudah biasa kehilangan berapa pun nilainya. Juga ada promotor atau manajemen yang selalu berkolaborasi. Namun, kalau bisa pemkab memberikan support terkait persyaratan ini saja," ujarnya.

Totok belum mengetahui secara pasti bantuan yang dimaksud apakah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) atau bisa langsung melalui Ikatan Motor Indonesia (IMI) Cabang Tulungagung.

"Kita belum tahu, sebenarnya kalau kita minta bantuan ini menjadi tanggung jawab siapa," ungkapnya.

Terkait hal ini, Ketua IMI Cabang Tulungagung Santoso saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan untuk memproses persyaratan berupa SIM internasional yang dimaksud.

"Kita tidak punya kewenangan untuk proses pembuatan SIM internasional," tulisnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Santoso justru menegaskan, ayahanda Fadila, yakni Totok Medjo merupakan pengurus IMI Jawa Timur. Ia yakin, sebagai pengurus IMI, Totok paham apa yang harus dilakukan.

"Pak Mejo (Totok Medjo atau ayahanda Fadila) kan anggota IMI Jatim juga. Saya pikir lebih paham," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung Ahmad Mugiono mengatakan cabang motor trail dibawah IMI dan dalam naungan KONI. "Terkait hal ini, Dispora tidak bisa menganggarkan," kata Ahmad Mugiono.

Kemudian, pria yang akrab dipanggil Mamad ini menyarankan agar pihak atlet untuk koordinasi dengan cabang olahraga (cabor)-nya.

"Yang bisa lewat cabornya masing-masing dan dicaborkan sudah diberikan hibah oleh pemkab," bebernya.

Pria yang juga hobi trail ini mengatakan, jika pihaknya ada anggaran dan bisa dilakukan, maka ia memastikan akan turun tangan membantu permasalahan tersebut.

Crosser Fadila Navara sendiri saat ini telah melakukan sejumlah persiapan. Pembalap yang akan turun nantinya dari berbagai kelas. Di antaranya dari MX 65cc, MX 85cc, MX2 Open, hingga Veteran MX2 40yo.

Berikut pembalap yang mendapatkan undangan dari even tersebut.

 

Kategori MX 65cc

 

1. Djanoko Mahija Aribowo (IMI DIY)2. Alvin Dzikri Alkhalifi (IMI Bekasi)3. Fadila Navara (I Jatim)4. M. Akram (IMI DKI Jakarta).

 

Kategori MX 85cc

1. M. Athar Alghifari (IMI Jabar)2. M. Raditya (IMI Jatim)3. Gabril Alfarisi (IMI Jabar).

 

Kategori MX2 Open

1. I Gusti Ngurah Diva Ismayana (IMI Bali)2. Nakami Vidi Makarim (IMI NTB)3. Lewis Stewart (IMI Jatim)4. Delvintor Alfarizi (IMI DKI Jakarta)5. M. Arsenio Algifari (IMI DKI Jakarta)6. Raffi Geraldio Tangka (IMI Jatim)7. Abdul Hanif Akhbar (IMI NTB)8. M. Zulmi Aristiawan (IMI Jatim)9. M. Zidane Alnesa Pratama (IMI Jatim) 10. M. Rizky Ramadhan (IMI Jatim).

 

Kategori Veteran MX2 40yo

1. Daniel Herling Tangka (IMI Jatim) 2. Samsul Achmadi (IMI Jatim) 3. M. Khadafi (IMI Jatim).



 


Topik

Olahraga Fadila Navara crosser nasional balapan di Malaysia Tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy