Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gibran Klarifikasi Soal Fotonya Bersama Anggota TNI

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

13 - Nov - 2023, 13:13

Placeholder
Foto viral Gibran bersama para TNI. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka mengomentari terkait foto dirinya dengan sejumlah anggota TNI yang belakangan viral di media sosial.

Gibran yang juga Wali Kota Surakarta ini menyebut bahwa foto tersebut sudah lama dan tak terkait dengan dengan pencalonannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga : Pernyataan Megawati Soal Kecurangan Pemilu Terjadi Lagi Jadi Sorotan 

"Lah, itu sudah lama sekali," katanya di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (13/11/2023).

Ia menuturkan dalam foto tersebut, para anggota TNI tersebut sedang mengikuti Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau (Sesko TNI).

"Beliau-beliau ini sekolah Sesko," tambahnya.

Tak berhenti disitu saja, Gibran juga mengatakan rombongan prajurit TNI tersebut tidak hanya mendatangi dirinya, tetapi juga beberapa kepala daerah lain.

"Beliau-beliau mendatangi semua kepala daerah kok. Nggak ada yang nggak, gitu," katanya.

Menurut Gibran, kejadian tersebut sudah cukup lama. Dia menegaskan foto itu tidak berkaitan dengan pencalonannya di Pilpres 2024.

"Kayak KKN (kuliah kerja nyata) itu, lho, baru menjalani sesko. Nggak ada hubungan dengan pilpres," ujarnya.

Sebelumnya, melalui media sosial X, sastrawan Goenawan Mohamad mengunggah foto Gibran bersama sejumlah anggota TNI dengan menyinggung soal netralitas TNI terkait pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo itu sebagai bakal cawapres.

Dalam unggahan per Sabtu (11/11/2023) itu, Goenawan menarasikan bahwa para perwira AD datang ke Solo untuk menghadap Gibran. Ia juga menyebut putra sulung presiden Jokowi tersebut memang disiapkan untuk menang.  

Baca Juga : Drama Pemeriksaan Pimpinan KPK, Dewas Minta Hari Ini Firli Bahuri Malah Akan Hadir Besok 

"Perwira2 AD ini datang ke Solo menghadap Gibran, calon wapres yg sedang disiapkan utk menang. Netralitas TNI??," tulis Goenawan Mohamad.

Unggahan tersebut lalu mendapat balasan dari akun resmi X @tni_ad. Di mana akun tersebut menyebutkan bahwa kunjungan tersebut jauh sebelum Gibran mendaftar sebagai cawapres Prabowo pada 7 September lalu.  

"Yth. Bapak Goenawan Mohamad, Dengan segala kerendahan hati, Dinas Penerangan Angkatan Darat perlu mengklarifikasi: bahwa foto ini diambil dalam kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan (Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad yang dilakukan dari tgl 4-8 September 2023 dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Termasuk didalamnya Kodim 0726/ Sukoharjo dan Kodim 0735/Solo," tulis akun tersebut. 

"Foto ini diambil dalam rangkaian kegiatan kunjungan ke beberapa objek seperti Pemkot Sukoharjo, Sritex, Konimex, dan Pemkot Solo. Kehadiran walikota Solo dalam foto itu tidak ada kaitannya dengan status sebagai Capres/ Cawapres, karena foto itu diambil tgl 7 September 2023 sebelum Walikota Solo diajukan dan mendaftarkan diri ke KPU sebagai Cawapres," tulisnya melanjutkan. 

Akun resmi TNI AD tersebut juga menegaskan netralitasnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Ia juga mengajak untuk mensukseskan pesta demokrasi mendatang dengan damai. 

"TNI AD akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI sesuai apa yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004, Pasal 39. Dan UU No 7 tahun 2017, tentang Pemilu. Prajurit TNI AD yang Prima, pengawal demokrasi, netral, menuju pemilu 2024 yg damai. Mari bersama sama kita sukseskan Pemilu 2024. Salam," katanya. 


Topik

Peristiwa gibran tni klarifikasi gibran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana