Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Tindaklanjuti Keluhan Warga, Polisi Amankan 9 Motor Protolan di Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Dede Nana

13 - Nov - 2023, 13:09

Placeholder
Sejumlah sepeda motor protolan saat diamankan Satlantas Polres Situbondo. (Wisnu Bangun Saputro/JatimTIMES)

JATIMTIMES – Polres Situbondo segera merespon cepat keluhan warga masyarakat terkait meresahkannya sepeda motor modifikasi di wilayah hukum Polsek Besuki.

Warga mengeluh karena masih adanya trek-trekan (balap liar) oleh sekelompok pemuda yang sangat mengganggu.

Baca Juga : Pengamen dan Anjal Paksa Masuk Bus Pariwisata di Kota Batu, Satpol PP Bakal Tambah Titik Operasi

Selain itu di wilayah tersebut ujar warga, masih ada motor yang bersuara bising karena knalpotnya tidak standart lagi. 

Mendengar keluhan warganya, kegiatan Patroli Blue Light lebih maksimalkan lagi oleh Polres Situbondo dan Polsek di jajarannya untuk mengantisipasi aksi balap liar serta kejahatan jalanan. 

Patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Besuki AKP H. Abdullah bersama Kanit Propam, Kanit Intelkam dan Kanit Samapta serta personil Patroli Pos Lantas Besuki.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, melalui Kasat Lantas AKP Tutud Yudho Prastyawan mengatakan secara rutin Polres Situbondo dan Polsek Jajaran melaksanakan patroli untuk mencegah aksi kriminalitas, balap liar dan penyakit masyarakat di wilayah Kabupaten Situbondo.

"Kemarin ada 9 sepeda motor yang diamankan  mayoritas tidak sesuai spektek seperti protolan, berknalpot brong, tidak dilengkapi spion dan tanda nomor kendaraan atau plat nomor serta ban kecil," jelas AKP Yudho, Senin (13/11/2023).

Selain mengamankan motor, AKP Yudho melanjutkan hasil pendataan teridentifikasi usia pengendara yang rata-rata masih berusia remaja dan tidak membawa SIM ataupun surat tanda kendaraan bermotor. 

Baca Juga : Indofood Tegaskan Tak Kerjasama dengan Violetta Rescue

"Agar para pengendara balap liar yang umumnya remaja ini tidak mengulangi perbuatannya, mereka dibawa ke Mapolsek Besuki untuk didata dan diberi pembinaan serta diberi sanksi berupa tilang," jelasnya.

Selain itu, para orang tua turut diimbau agar dapat mengawasi anaknya dan tidak menggunakan motor saat keluar dimalam hari.

"Kami juga mengimbau orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya dan tidak keluar rumah melewati batas jam malam. Jangan dibiarkan anaknya merubah spesifikasi kendaraan bermotor seperti menggunakan kenalpot brong yang tidak sesuai aturan karena suara yang ditimbulkan dapat mengganggu kenyamanan masyarakat umum," tutupnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas polres situbondo motor modifikasi knalpot brong



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Dede Nana

Hukum dan Kriminalitas

Artikel terkait di Hukum dan Kriminalitas