Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Ikuti Liga 3 Banyuwangi Putra Optimistis Lolos ke Putaran Nasional

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

12 - Nov - 2023, 19:55

Placeholder
Tim Sepakbola Banyuwangi Putra (BP) yang akan ikut Liga 3 Jawa Timur saat menjalani uji coba di Wongsorejo Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Tim sepakbola Banyuwangi Putra (BP) salah satu peserta  Liga 3 Jawa Timur (Jatim) Tahun 2023 memasang target lolos ke putaran nasional.

Menurut Manager Tim Banyuwangi Putra (BP) Deky Firmansyah, tim yang dilatih oleh Head Coach Eko Suhariyanto, asisten Febrian Sofiandi dan Riyo itu optimistis mampu meraih hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga : Jember Kembali Raih Penghargaan Stan Terfavorit Jogja Tourism Expo 2023

“Alhamdulillah ada 28 pemain yang sudah  satu bulan mengikuti Training Centre (TC) dan tinggal di mess yang ada di desa Alasbuluh kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Saat ini menanti tambahan pemain 2 atau 3 lagi,” jelas Decky pada wartawan media ini pada Minggu (12/11/2023).

Selanjutnya dia menuturkan sesuai dengan Manager Metting yang digelar oleh Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim) Kick Off Liga 3 Jatim akan dilaksanakan pada 5 Desember 2023.

Dengan model home tournament kompetisi penuh (home and away) dan Banyuwangi Putra menjadi tuan rumah Grup 1 bersama dengan tim; Suryanaga Connection, Persekap Kota Pasuruan dan Malang United.

Selanjutnya mengutip dari medsos PSSI Jatim, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur memastikan kompetisi Liga 3 Jawa Timur akan digelar mulai 5 Desember mendatang.

Kepastian ini disampaikan dalam acara manager meeting yang diikuti 54 klub peserta kompetisi amatir ini, di Hotel Surabaya Suites, Sabtu (11/11/2023).

Sebanyak 54 tim kontestan ini akan terbagi di 14 grup dengan sistem kompetisi penuh dengan dua kali home tournament. Sistem ini dipilih karena menyesuaikan dengan ketentuan Perpol dan keadaan infrastruktur. Dari 14 grup ini, 12 grup berjumlah empat tim dan dua grup berisi tiga tim.

Baca Juga : Deklarasikan Dukungan, Laskar Sapu Jagad Klaim Bakal Jadi Mesin Pendulang Suara Prabowo-Gibran di Malang

Masing-masing juara dan runner-up grup lolos ke babak kedua. 28 tim yang lolos di babak kedua kembali dibagi dalam 7 grup. Juara dan runner-up grup plus 2 tim peringkat ketiga terbaik melaju ke babak selanjutnya (16 besar) .

“Sejak tragedi Kanjuruhan, perizinan lebih ketat. Dengan sistem itu, tim yang lolos ke putaran nasional tetap bisa memenuhi syarat jumlah pertandingan yang harus dijalani tim yang tampil di putaran nasional,” ujar Djoko Tetuko, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim.

Di babak pertama hingga 16 besar, akan digelar dengan sistem grouping, kemudian dari 8 besar sampai final menggunakan sistem knock out. Artinya, setiap tim akan bertanding sebanyak enam kali di babak pertama. Kemudian tiga kali tanding di babak 32 besar dan 16 besar.

Begitu memasuki babak 8 besar sampai ke final, setiap tim akan bertanding satu kali. “Total, tim yang lolos sampai ke final akan bertanding sebanyak 15 kali. Ini sudah memenuhi syarat jumlah pertandingan yang ditentukan oleh PSSI,” ujar Djoko.


Topik

Olahraga banyuwangi putra deky firmansyah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya