Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

RPS Gelar Sekolah Periksa Fakta dan Keamanan Digital

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Nov - 2023, 15:00

Placeholder
Ronggolawe Press Solidarity saat memberikan edukasi Sekolah Periksa Fakta dan Keamanan Digital di SMAN Rengel (11/11/2023) (Foto: Ahmad Istihar/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Ronggolawe Press Solidarity (RPS) bekerjasama dengan Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) menggelar sekolah periksa fakta dan keamanan digital bertempat di Aula SMAN 1 Rengel, Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang gelar pada Sabtu (11/11/2023) Pagi diikuti 30 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berasal dari sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Rengel

Baca Juga : Disporapar Kota Malang Gelar Malang Criterium 2023, Ajang Cari Bakat Atlet Balap Sepeda

Ketua RPS Khoirul Huda, mengucapkan terimakasih kepada pihak PHE TEJ, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro - Tuban, dan pihak sekolah yang telah mensuport kegiatan sekolah periksa fakta ini. Sehingga, kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Sekolah periksa fakta dan keamanan digital di SMAN 1 Rengel ini yang pertama, dan akan ada beberapa sekolah lagi yang akan dilakukan kegiatan yang sama oleh RPS,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi wartawan. Sesuai Undang- undang Pres nomor 40 tahun 1999, pres memiliki fungsi sebagai media informasi, media hiburan, media control, media pendidikan dan edukasi. “Dan setelah kegiatan ini kami berharap para generasi muda ini dapat membedakan mana informasi yang fakta dan mana informasi hoaks,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut wartawan senior di Tuban itu juga berpesan kepada para pesera untuk pintar-pintar memfilter informasi diterima. Apalagi, saat ini musim Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan presiden.

“Saat ini banyak sekali informasi-informasi hoaks berseliweran di Media Sosial (Medsos), dan sasarannya para anak muda. Apalagi pemilih pemula saat ini ada sekitar 52%, sehingga pemuda harus melek digital dan faham mana informasi fakta dan hoaks,” tandasnya.

Perwakilan PHE TEJ Samsul Hidayat mengatakan dapat mengetahui mana informasi yang fakta dan hoaks itu sangat penting. Selain itu, memahami keamanan digital juga sangat penting. Pasalnya, saat ini di era generasi Z jalur informasi sangat sulit dibendung. “Sehingga kita harus mampu memilah-milah sebuah informasi,” katanya.

Baca Juga : Punya Produk Unggulan, Ponpes Manbaul Ulum Jadi Salah Satu Peserta dalam OPOP Expo 2023

Menurut Samsul, saat ini banyak penipuan berbasis digital. Seperti APK berbentuk undangan pernikahan, pemberitahuan dari ekspedisi, dan berbentuk penipuan lainnya. “Untuk itu, kita juga harus faham terkait keamanan digital, karena ketidaktahuan kita salah klik informasi pribadi kita termasuk pin ATM dapat diketahui orang yang tidak bertanggungjawab. Dan sudah banyak orang yang buka APK akhirnya rekeningnya kebobolan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro Tuban, Maskun berterimakasih kepada RPS dan PHE TEJ yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan periksa fakta dan keamanan digital ini, menurutnya sangat penting untuk siswa tingkat SMA.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena saat ini pembelajaran siswa-siswi tingkat SMA telah berbasis digital. Sehingga, baik guru maupun siswa harus memahami keamanan digital. Saya juga berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut tidak sampai disini saja,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Ronggolawe Press Solidarity Pertamina Hulu Energi Tuban East Java sekolah periksa fakta tuban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni