Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Diskominfo Ajak Seluruh OPD Se-Kota Kediri Diskusi Satu Data dan FGD Statistik Sketoral

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Yunan Helmy

10 - Nov - 2023, 20:48

Placeholder
Diskominfo Kota menggelar diskusi bersama beberapa OPD.

JATIMTIMES - Guna mengevaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di seluruh perangkat daerah dan pemenuhan data portal satu data Kota Kediri di setiap produsen data, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menggelar diskusi Statistik Forum Walidata dan FGD Statistik Sektoral Seluruh Perangkat Daerah Se-Kota Kediri di salah satu hotel di Yogyakarta selama 2 hari.

Kepala Dinas Kominfo Apip Permana saat membuka diskusi dan FGD mengatakan bahwa penting adanya diskusi antara walidata dengan para ahli statistik. Dengan diskusi ini, Apip menuturkan seluruh OPD bisa lebih mengetahui, memahami dan mengerti pentingnya data dalam menentukan dan mengambil suatu keputusan. 

Baca Juga : Ketua TP PKK Jatim Lantik Novita Bagus Alit sebagai Pj Ketua TP PKK Kota Kediri

"Data-data yang akurat, data-data yang berkualitas itu sangat menentukan dalam membuat program-program maupun kebijakan bagi pemerintah daerah hingga Pemerintah pusat, maka dari itu saya harap kegiatan ini bisa diikuti dengan serius," terangnya, Jumat (10/11/23).

Melihat pentingnya data ini, Diskominfo telah mengundang beberapa narasumber ahli. Yaitu BPS Kediri Intaniah Ratna Nur Wisisino dan Surveyor Pemetaan Badan Informasi Geospasial Agri Kristal. 

"Dari para narasumber ini, panjenengan sekalian bisa lebih fokus dalam mempelajari dan mengiplementasikan satu data Kota Kediri untuk membuat data yang berkualitas," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Apip menjelaskan bahwa Diskominfo Kota Kediri juga telah merekapitulasi pengelolaan satu data Kota Kediri selama 4 tahun terakhir. Pihaknya juga telah menentukan 6 OPD yang telah menginputkan data terbanyak pada portal satu data. 

Baca Juga : Kinerja Baik Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pemkab Jombang Terima Insentif Fiskal

Adapun OPD tersebut, yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BKPSDM dan BPBD. Tak hanya itu, Diskominfo juga memberikan penghargaan pada OPD yang memiliki kegiatan terbanyak pada penyelenggaraan statistik sektoral. Adapun OPD tersebut, meliputi BPKAD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, RSUD Kilisuci, DPMPTSP dan Disperdagin.

"Penghargaan ini adalah apresiasi dari kami bagi OPD, kami ucapkan beribu-ribu terimakasih pada panjenengan semua yang telah bekerjasama bersama Diskominfo dalam mewujudkan satu data Kota Kediri. Saya berharap kegiatan dan penghargaan ini bisa memicu semangat bagi seluruh OPD untuk berlomba-lomba menginputkan data yang berkualias demi terciptanya satu data Kota Kediri,"pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan Kota Kediri satu data diskusi Diskominfo Kota Kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Yunan Helmy