Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Maknai Hari Pahlawan, Pj Wali Kota Malang Jadikan Ekraf Local Heroes

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

10 - Nov - 2023, 12:49

Placeholder
Momentum peringatan Hari Pahlawan oleh Pj Wali Kota Malang. (Foto: Prokopim Kota Malang)

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berkomitmen untuk menjadikan ekonomi kreatif (ekraf) sebagai salah satu tumpuan perekonomian di Kota Malang. Hal tersebut juga turut dikorelasikan untuk memaknai Hari Pahlawan pada 10 November 2023 ini. 

Wahyu mengatakan, geliat ekonomi kreatif menjadi salah satu hal yang diamanatkan langsung oleh Presiden, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Gubernur Jawa Timur saat ia dilantik menjadi Pj Wali Kota Malang. 

Baca Juga : DPRD Surabaya Tetapkan APBD 2024 Rp 10,9 T

Dirinya pun mengatakan bahwa geliat ekraf juga dimaknai sebagai local heroes dalam momentum Hari Pahlawan kali ini. Hal itu menurutnya selaras dengan arahan dari Menteri Sosial yang menyebut bahwa perjuangan para pahlawan saat ini bisa dilakukan dengan perjuangan modern. 

"Diamanatkan oleh Bu Menteri Sosial terkait dengan perjuangan para pahlawan bisa dilakukan sekarang ini dengan perjuangan modern. Salah satunya adalah untuk meningkatkan ekonomi kreatif (ekraf) ekonomi kerakyatan," ujar Wahyu, Jumat (10/11/2023).

Wahyu mengatakan, ekosistem ekraf yang sedang berjalan saat ini turut membawa Kota Malang menjadi kota ekraf di Jawa Timur. Apalagi hal tersebut sudah diwujudkan dengan pembangunan Malang Creative Center (MCC) yang menjadi inkubator bagi 17 sub sektor ekraf. 

"Nah, Kota Malang ini akan menjadi kota ekraf, didukung dengan kita sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan melalui ekrafnya. Dan itu kita jadikan local heroes. Nah kita juga sudah punya MCC, jadi local heoresnya itu dengan ekraf, untuk menjadikan MCC sebagai epicentrum Kota Malang sebagai kota yang cerdas," terang Wahyu. 

Menurutnya ekosistem ekraf yang tumbuh di Kota Malang juga didukung dengan kondisi Kota Malang yang dikenal sebagai kota pendidikan. Bukan tanpa alasan, tentu juga lantaran adanya sejumlah perguruan tinggi di Kota Malang dengan puluhan ribu mahasiswanya. 

Baca Juga : Wamenkumham Tersangka Gratifikasi, Mahfud MD: KPK Tegakkan Hukum Tak Pandang Bulu

"Kita ada banyak perguruan tinggi di sini. Ada sekitar 800 ribu mahasiswa yang ada di Kota Malang. Nah itu menjadi salah satu modal kita untuk menjadikan Kota Malang menjadi kota cerdas," jelas Wahyu. 

Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 ini, sesuai dengan arahan Menteri Sosial, Wahyu menyebut bahwa Kota Malang memiliki local heroes yang dapat terus ditingkatkan. Terlebih untuk menjadikan Kota Malang sebagai Kota Cerdas. 

"Nah dengan peningkatan ekonomi kreatif sudah terbukti turut meningkatkan perekonomian di Kota Malang, sampai menduduki tingkat kemiskinan terendah di hasil BPS kemarin. Ada korelasinya di situ," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan Hari Pahlawan local heroes Kota Malang Wahyu Hidayat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri