Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Terdampak Angin Kencang, Belasan Rumah hingga Tempat Usaha Rusak

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

09 - Nov - 2023, 20:52

Placeholder
Personel gabungan saat dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan penanggulangan musibah angin kencang di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang pada Kamis (9/11/2023). (Foto: BPBD Kabupaten Malang for Jatim Times)

JATIMTIMES - Belasan rumah warga di Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang  terdampak musibah hujan deras yang disertai angin kencang, Kamis (9/11/2023). Selain beberapa rumah warga, sejumlah tempat usaha juga mengalami kerusakan akibat terdampak musibah angin kencang.

Sementara itu, hingga Kamis (9/11/2023) malam, evakuasi material berupa pohon tumbang dan reruntuhan bangunan yang terdampak musibah telah selesai dilakukan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sedangkan kerugian materil hingga kini masih dalam pendataan.

Baca Juga : Ganjar Creasi Hadirkan Solusi Indigofera Atasi Sulitnya Cari Pakan Ternak saat Kemarau

Perkembangan evakuasi material akibat terdampak musibah hujan deras disertai angin kencang tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan.

"Ada 13 rumah warga dan enam tempat usaha serta kandang ternak yang rusak akibat terdampak musibah angin kencang," ungkap Sadono saat dikonfirmasi usai proses evakuasi material akibat musibah angin kencang berlangsung, Kamis (9/11/2023) malam.

Enam tempat usaha dan kandang yang turut terdampak musibah angin kencang tersebut, meliputi kandang kambing dan ayam, tempat budidaya jamur, pabrik tahu, hingga dua tempat usaha lainnya. "Nihil korban jiwa, tidak ada kendala selama proses asesmen. Keperluan mendesak yang dibutuhkan saat ini adalah terpal, keperluan bayi, dan sembako," ujar Sadono.

Diperoleh keterangan, hujan deras di Kecamatan Karangploso terjadi pada Kamis (9/11/2023) siang sekitar pukul 13.30 WIB. Beberapa saat kemudian, hujan dengan intensitas tinggi tersebut memicu terjadinya angin kencang. Dampaknya belasan rumah warga dan beberapa tempat usaha di Desa Bocek mengalami kerusakan.

Baca Juga : Omegle, Situs Obrolan Video Online Gratis Tutup 

Di sisi lain, personel gabungan dari BPBD Kabupaten Malang dan Kota Batu, Polsek dan Koramil Karangploso, pemerintah desa setempat, PMI Kabupaten Malang, hingga para relawan yang mendapat laporan adanya bencana angin kencang langsung dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hingga Kamis (9/11/2023), material akibat musibah angin kencang akhirnya berhasil dievakuasi. "Dari laporan terakhir sekitar pukul 18.00 WIB, proses evakuasi sudah memasuki hasil akhir," tukas Sadono.


Topik

Peristiwa Angin kencang musibah angin kencang Karangploso



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy