Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba dan Pameran Karya Siswa 2023

Pemkab Malang Ajak OPD Berpartisipasi Aktif Sukseskan Lomba dan Pameran Karya Inovasi Siswa

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Nov - 2023, 12:10

Placeholder
Dari sebelah kiri Direktur Jatim TIMES Heryanto, bersama Asisten 2 Sekda Kabupaten Malang Nur Cahyo, dan Kepala Bidang Tenaga Teknis Pendidikan Dinas Pendidikan Kab Malang Syamsul Arifin saat koordinasi bersama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Malang di Ruang Rapat Anusapati, Kantor Bupati Malang, Kamis (9/11/2023). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kurang sepekan Lomba dan Pameran Karya Inovasi Siswa, Guru dan Sekolah yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menggandeng JatimTIMES. Beragam persiapan telah dilakukan menyambut kegiatan yang berlangsung pada 18 November 2023 di Pendapa Panji, Kepanjen itu. Salah satunya, koordinasi bersama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Malang, untuk mensukseskan Rangkaian Hari Jadi Ke-1263 Kabupaten Malang tersebut.

Jajaran OPD pun dihadirkan dalam Rapat Koordinasi Lomba dan Pameran Karya Inovasi Siswa, Guru dan Sekolah Kabupaten Malang yang berlangsung di Ruang Rapat Anusapati, Kantor Bupati Malang, Kamis (9/11/2023). Hadir Asisten 2 Sekda Kabupaten Malang Nurcahyo, Direktur JatimTIMES Heryanto, bersama Kepala Bidang Tenaga Teknis Pendidikan Dinas Pendidikan Kab Malang Syamsul Arifin, serta perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Malang.

Baca Juga : Dewan Pengurus Cabang IWAPI Kota Kediri Periode 2023-2028 Resmi Dilantik

“Mohon OPD di lingkungan Pemkab Malang bisa berpartisipasi aktif untuk mensukseskan acara. OPD harus berbuat apa yang harus dilakukan dalam pameran ini,” ungkap Nurcahyo.

Nurcahyo pun mengingatkan kepada para perwakilan OPD yang hadir untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Seperti Dinas Kesehatan kebutuhan petugas hingga ambulance harus disiapkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan operator penayangan LED juga back drop. Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan petugas kebersihan, kendaraan pengangkut sampah, hingga tempat penampungan sementara.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya diminta mensupport dengan penyediaan mobil toilet keliling dan tangki air bersih. Dinas Perhubungan diminta untuk mengatur lalu lintas.

“Mengingatkan bahwa pengunjung nanti masyarakat pendidikan sangat banyak, sehingga perlu penataan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan,” imbuh Nurcahyo.

Demi meningkatkan keamanan, pengamanan juga diminta untuk dikerahkan dari Satpol PP. Hanya saja, Nurchayo meminta agar segera memastikan jumlah peserta yang akan hadir mengingat kegiatan ini merupakan event yang besar.

“Ini event besar yang melibatkan dunia pendidikan sejak pagi hingga malam, tapi masih belum tergambarkan berapa jumlah untuk mensupport kegiatan,” kata Nur Cahyono.

Dengan memastikan jumlah peserta yang datang untuk menentukan alternatif parkir, jumlah personel yang dibutuhkan nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji menambakan, untuk mensukseskan kegiatan penting adanya kalaborasi dengan OPD lainnya di Pemkab Malang. Setelah rapat koordinasi ini, segera akan ditindaklanjuti mengingat waktu yang sudah dekat dengan kegiatan.

Baca Juga : DPUPRPKP Kota Malang Atasi Banjir, Bangun Embung

 

“Kami tidak bisa melaksanakan sendiri, tapi perlu dukungan sehingga pelaksanakan bisa sukses,” terang Suwadji. 

Koordinasi dan evaluasi final akan segera dilakukan Dinas Pendidikan Pemkab Malang. Mengingat kegiatan ini untuk mengapresiasi dan mengekspresikan Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan saat ini.

Sementara itu Direktur JatimTIMES Heryanto menjelaskan, kegiatan ini dirancang setelah diskusi yang panjang, untuk menstimulan semangat dunia pendidikan di Kabupaten Malang. Melihat banyaknya prestasi dan keunggulan di lingkungan pendidikan.

“Karena belum ter-branding keluar, sehingga tidak banyak yang tahu,” ujar Heryanto. Sehingga diharapkan kegiatan seperti ini menjadi wadah sekolah di Kabupaten Malang.

Sedang, pelaksanaan Lomba dan Pameran Karya Siswa akan berlangsung pada periode berikut:

Lomba Video Inovasi Pembelajaran dalam Rangka Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka:

- Periode upload video : 20 Oktober – 10 November 2023
- Pengumuman nominasi terbaik : 10 November 2023 melalui Instagram, TikTok, dan portal berita Jatimtimes.com


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri