Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jaga Prinsip Demokrasi, Tulungagung Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Penulis : Aries Marthadiharja - Editor : A Yahya

08 - Nov - 2023, 20:00

Placeholder
Deklarasi Pemilu Damai 2024 resmi digelar di Tulungagung pada Rabu, 8 November 2023 demi menghormati prinsip demokrasi dan menjaga keutuhan negara. (dok. Humas Polres Tulungagung)

JATIMTIMES - Deklarasi Pemilu Damai 2024 digelar di Kabupaten Tulungagung pada Rabu, 8 November 2023 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh PJ Kabupaten Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Komandan Kodim 0807, jajaran Forkopimda Tulungagung, Ketua KPU, Ketua Bawaslu serta perwakilan dari partai politik, tokoh agama juga tokoh masyarakat.

Baca Juga : Kejari Blitar Panggil Rahmat Santoso Terkait Kasus Rumah Dinas Wabup

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Menurutnya, kedamaian menjadi kepentingan bersama di kalangan masyarakat, terlebih menjelang pemilu tahun depan.

“Karena damai itu bukan kepentingan pemerintah daerah, aparatur penegak hukum atau aparatur Polisi, TNI, tapi kepentingan bersama. Ke depan juga ada agenda sosialisai damai yang akan kita selenggarakan,” kata Heru.

Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya turut menambahkan bahwa pemilu merupakan salah satu tahapan proses bangsa yang maju kedepan.

'Harapan ditahun 2045 yang kita akan memasuki bangsa yang emas yang akan bisa terwujud mana kala, bangsa indonesia sukses dalam pemilu 2024 ini,” jelas Kapolres Tulungagung.

Pihaknya bersama TNI akan bersinergi untuk senantiasa menjaga netralitas dalam menjalankan Pemilu. Diharapkan usaha ini akan menciptakan situasi yang kondusif.

“Deklarasi pemilu damai juga menjadi bukti komitmen dan keseriusan semua pihak dalam menjalani proses Pemilu 2024 dengan damai, demokratis, dan menghormati prinsip-prinsip demokrasi serta menjaga keutuhan negara,” ungkapnya.

Baca Juga : Amnesty Brawijaya Serukan Hak Perempuan dalam Partisipasi Politik

Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto turut menambahkan bahwa kegiatan deklarasi damai tahun 2024 diselenggarakan menjelang kegiatan kampanye secara serentak. “Ini diselenggarakan hari ini serentak diwilayah Korem 081 DSJ,” jelasnya.

“Kita mendorong dari instasi terkait, Polri, Pemerintah Daerah, semuanya kita bersinergi sehingga nantinya kegiatan Kampanye Pemilu 2024 bisa berjalan aman, tertib dan lancar berkat sinergitas semuanya,” terang dia.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan deklarasi pemilu damai oleh seluruh peserta, dilanjutkan penandatanganan di bawah tulisan deklarasi tersebut.


Topik

Peristiwa kabupaten malang teuku arsya delarasi peilu damai heru suseno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aries Marthadiharja

Editor

A Yahya