Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Persiapkan Pelantikan Kades, DPMD Banyuwangi Undang Camat-BPD dan Sosialisasi Baju

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

08 - Nov - 2023, 18:59

Placeholder
Para camat, BPD dan kades terpilih saat mendengarkan sambutan dari Ahmad Faishol, kepala DPMD Banyuwangi, di aula kantor DPMD Banyuwangi. (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Tahapan pemilihan kepala desa (lilkades) serentak di Kabupaten Banyuwangi berakhir hari ini. Agenda terakhir adalah penyerahan pengesahan penetapan kepala desa (kades) terpilih oleh badan permusyawaratan desa (BPD) kepada camat untuk diteruskan kepada panitia pilkades Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Banyuwangi Ahmad Faishol, tahapan selanjutnya adalah penyerahan berkas pengesahan kepada bupati Banyuwangi dan jadwal pelantikan kades dalam lilkades serentak 2023.

Baca Juga : Unisma Buka Prodi Administrasi Rumah Sakit, Direktur RSI Unisma Nilai Langkah yang Tepat 

“Untuk pengesahan dan pelantikan kepala desa sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dilaksanakan pada bulan Desember 2023 mendatang. Karena dari 51 desa yang menggelar pilkades, masa baktinya berakhir pada 11 Desember 2023,” jelas Faishol di Kantor DPMD Banyuwangi pada Rabu (08/11/2023).

Dalam rangka mempersiapkan pelantikan kades, DPMD Banyuwangi mengundang kepala desa terpilih,  BPD dan para camat yang wilayahnya menggelar pilkades serentak beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Faishol menambahkan, dalam pertemuan yang digelar, pihaknya juga melakukan evaluasi terkait kelengkapan administrasi laporan pelaksanaan pelaksanaan pilkades serentak dari panitia pilkades, BPD, maupun dari para camat agar tidak ada permasalahan di masa mendatang.

Selanjutnya terkait dengan persiapan pelantikan kades, yang perlu juga dipersiapkan matang adalah pakaian yang harus dikenakan kades agar sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri atau permendagri RI, baik pakaian dinas upacara (PDU) maupun pakaian dinas harian (PDH).

“Untuk PDU dan PDH sudah ada aturan yang mengikat sehingga para  kades terpilih diharapkan mulai saat ini mempersiapkan diri mulai dari model,jenis kain dan lain sebagainya,” imbuh Faishol.

Faishol menambahkan pihaknya tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada camat, forkopimcam, kades terpilih, BPD, panitia pilkades dan semua pihak yang mampu melaksanakan pilkades serentak di Banyuwangi dengan baik dan sukses.

Baca Juga : Gugatan terhadap PBNU Tidak Dapat Diterima Pengadilan Negeri Jombang

Selain itu, mereka dinilai mampu menjaga keamanan, kenyamanan dan kondusivitas wilayah dalam proses pilkades sampai dengan saat ini. ”Harapan kami, kades terpilih supaya mampu merangkul semua elemen masyarakat agar ke depan bisa melaksanakan program pembangunan yang lebih baik,” jelas Faishol.

Setelah pelantikan kades, menurut Faishol, DPMD Banyuwangi juga akan mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para Klkades yang dilantik bersama istrinya agar mengetahui, memahami dan mampu menjalankan tugas pokok fungsinya (tupoksinya) sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

 


Topik

Pemerintahan Pelantikan kades kades Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy