Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Indonesia Bakal Kirim Kapal RS ke Gaza, Panglima TNI: Masih Kita Koordinasikan

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

07 - Nov - 2023, 19:18

Placeholder
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut TNI siap mengirim kapal rumah sakit ke Gaza untuk menangani pasien warga Palestina.

Terkait rencana itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Mesir terkait rencana pengiriman kapal RS TNI.

Baca Juga : Ini Daftar Lengkap Tim Pemenangan Prabowo-Gibran 

"Ya nanti, masih kita koordinasikan. Ya totalnya kita punya 3 kapal rumah sakit yang memiliki juga peralatan medis yang sangat canggih. Tentunya kita koordinasikan dulu ke sana apakah memungkinkan untuk itu karena tidak sembarang, karena ini kan perang, perangnya ini kan kalau orang-orang pedalangan, orang Jawa bilang, itu perangnya awur-awur, perang yang nggak ada aturannya, ini kan sangat bahaya," kata Laksamana Yudo usai rapat kerja bersama Komisi I DPR di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Lebih lanjut Yudo mewanti-wanti jangan sampai kiriman bantuan kapal RS TNI itu membahayakan alutsista TNI. Dia menekankan masih perlu mematangkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan pangkalan kapal RS TNI itu.

"Tentunya ini harus kita koordinasikan secara tepat jangan sampai membahayakan alutsista kita, termasuk ini kan yang membawa bantuan ini kan kita kordinasikan secara tepat bagaimana kepindahannya, bagaimana aturannya dari masing-masing pangkalan di luar negeri tersebut untuk mengarahkan itu. Ini masih kita koordinasikan dulu," ujarnya.

Meski begitu, Yudo memastikan kapal RS TNI telah siap digunakan untuk menangani para pasien di Palestina. Begitu pula dengan para tim medis yang akan bekerja langsung di lapangan.

"Tentu kalau dari KRI-nya siap, pasti siap karena itu kapal baru. Saya yakin kalau ABK atau tenaga medis pun saya yakin siap. Tapi untuk di sananya itu yang perlu kita koordinasikan secara tepat nanti kalaupun ini disetujui terus standarnya gimana, dukungan logistiknya gimana, apalagi dengan kondisi perang hari ini," kata dia.

Prabowo Subianto sebelumnya menyebut akan berkoordinasi dengan pihak Mesir untuk mengirim kapal rumah sakit. 

Baca Juga : Israel Klaim Kuasai Benteng Hamas yang Berada di Gaza, Benarkah?

Adapun rencana itu disampaikan Prabowo usai menerima kunjungan dubes Palestina, Al-Shun.

"Saya baru terima Dubes Palestina, kita telah membahas cukup mendalam dan saya bahas rencana kita, tawaran kita untuk mengirim kapal rumah sakit, dan ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah Mesir," kata Prabowo pada wartawan di Kantor Menhan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Tak hanya itu saja, Prabowo juga menyebut sudah melaporkan rencana itu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sudah lapor ke Bapak Presiden dan koordinasi dengan Menlu kita, sebentar lagi saya akan koordinasi dengan Dubes Mesir untuk rincian bagaimana prosedur pengiriman kapal Rumah Sakit tersebut," ujarnya.


Topik

Peristiwa prabowo subianto palestina yudo margono kapal rs tni gaza



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya