Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Torongrejo Kota Batu Di-launching Jadi Desa Ramah Tuna-Sosial dan Masyarakat

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

06 - Nov - 2023, 17:19

Placeholder
Para lansia mengikuti senam saat launching Desa Ratusima di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu resmi me-launching Desa Ramah Tuna-Sosial dan Masyarakat (Ratusima) di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin 6 November 2023. Hadirnya Desa Ratusima ini sebagai inovasi pelayanan publik.

Launching ditandai dengan Gerakan Ramah Lansia  melalui kegiatan senam lansia yang diikuti puluhan peserta di halaman balai desa.  Ada juga pelayanan publik perpustakaan keliling. Ada pelayanan kesehatan dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis serta pelayanan kependudukan.

Baca Juga : DPRD Situbondo Bakal Turun ke Lokasi Tambang yang Rusak Sawah Warga

Untuk meningkatkan animo masyarakat dan lansia, juga dilakukan lomba senam lansia yang diikuti perwakilan RW se-Torongrejo. Tampak masyarakat dan lansia itu dengan semangat mengikuti lomba senam. Semangat mereka terlihat dari setiap gerakan yang dilakukan.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri mengapresiasi Kepala Desa Torongrejo Sugeng Santoso Widjoyo bersama Ketua Penggerak PKK Torongrejo Yastitik yang telah berperan aktif dalam mewujudkan pelayanan di bidang sosial.

“Bahwa permasalahan sosial adalah tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan. Tanpa keterlibatan beberapa pihak, tentunya akan mengalami kesulitan dalam memberikan pelayanan sosial,” ucap Ririk.

Menurut Ririk, Desa Ratusima ini hadir sebagai perluasan akses pelayanan bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di Kota Batu. Ke depan bisa menjadi sebuah pelayanan di bidang sosial yang bersifat partisipatif untuk masyarakat.

Baca Juga : Tambang Batu Bikin Sawah Rusak, Warga Sumberanyar Situbondo Geruduk Kantor DPRD Minta Keadilan

“Karena bangsa Indonesia memiliki modal sosial dasar, yakni gotong-royong dan empati serta keberpihakan kepada masyarakat yang besar, sehingga permasalahan sosial bisa tertangani dengan baik,” tambah Ririk.

Ke depan Ririk berharap Desa Ratusima dapat dikembangkan di seluruh desa/kelurahan Kota Batu.


Topik

Peristiwa Pemkot Batu Desa Ramah Tuna-Sosial Desa Ramah Masyarakat Kota Battu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy