Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

570 Caleg di Kota Malang Resmi Masuk DCT, Siap Bertarung pada Pemilu 2024

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

05 - Nov - 2023, 19:16

Placeholder
KPU Kota Malang saat menggelar sosialisasi Pemilu 2024 kepada masyarakat (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang mengumumkan sebanyak 570 calon legislatif (caleg) resmi masuk dalam daftar calon tetap (DCT). Ratusan caleg itu akan 'bertarung' dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Penetapan DCT itu diumumkan berdasarkan Peraturan KPU No.10/2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, dan Keputusan KPU Kota Malang No.127/2023 tentang DCT Anggota DPRD Kota Malang dalam Pemilu 2024 yang dikeluarkan pada 4 November 2023.

Baca Juga : Berita Hoaks Naik Jelang Pemilu 2024, Pakar Minta Masyarakat Cerdas Memilih Informasi

Sebelumnya, KPU Kota Malang mengumumkan ada sebanyak 573 bakal calon anggota DPRD Kota Malang sebagai calon sementara. 573 itu terdiri dari 18 partai politik. Komisioner KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Deny Bachtiar mengatakan bahwa jumlah tersebut berkurang setelah DCT ditetapkan melalui rapat pleno.

“Jadi setelah ditetapkan melalui rapat pleno, DCT Anggota DPRD Kota Malang berkurang menjadi 570,” ujar Deny, Minggu (5/11/2023).

Secara detail, 570 calon tetap itu berasal 18 parpol yakni 45 caleg dari PKB, 45 caleg Gerindra, 45 caleg PDIP, 45 caleg Partai Golkar, 45 caleg Partai Nasdem, 6 caleg Partai Buruh, 13 caleg Partai Gelora, 45 caleg PKS, 35 caleg PKN.

Kemudian ada 8 caleg dari Partai Hanura, 10 caleg Partai Garuda, 45 caleg PAN, 19 caleg PBB, 35 caleg Partai Demokrat, 43 caleg PSI, 36 caleg Perindo, 45 caleg PPP dan 7 caleg dari Partai Umat.

Sementara itu, 3 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon tetap. Ketiga bacaleg itu dinyatakan tak lolos karena dokumennya kurang lengkap. Akan tetapi menurut Deny, dari 3 bacaleg yang tak lolos itu, ada 1 bacaleg yang melakukan gugatan dengan mengajukan sidang ajudikasi melalui Bawaslu. 

Baca Juga : Sewa Gudang Tambahan KPU Kota Batu Disetujui

“Yang mengajukan ajudikasi hanya 1 orang. Tentu kami tunggu nanti keputusannya di Bawaslu,” ungkap Deny.

Setelah penetapan daftar calon tetap anggota DPRD Kota Malang itu, tahapan selanjutnya adalah proses pendaftaran tim kampanye. 


Topik

Politik caleg kota malang kpu kota malang pemilu 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana