Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hewan Peliharaan Buang Kotoran Sembarangan di Alun-alun Tugu, DLH Kota Malang Angkat Bicara

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Nov - 2023, 16:16

Placeholder
Momen hewan jenis anjing saat buang air besar di area pedestarian Alun-alun Tugu Kota Malang (foto: screenshot video Instagram)

JATIMTIMES - Viral di media sosial Instagram seorang oknum masyarakat membiarkan anjing peliharaannya membuang air besar di area pedestarian Alun-alun Tugu Kota Malang. 

Menyikapi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menyayangkan hal tersebut karena dianggap membuat ketidaknyamanan bagi pengunjung lain.

Baca Juga : Usai Viral Hewan Peliharaan BAB Sembarangan, Pemilik Anjing Klarifikasi

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (Kabid RTH) DLH Kota Malang, Laode Kulaita mengatakan bahwa pihaknya sudah melihat video hewan peliharaan jenis anjing yang buang air besar sembarangan di area pedestarian Alun-alun Tugu Kota Malang. Ia pun menyesalkan orang yang membawa hewan peliharaan tersebut membiarkan tanpa membersihkan sisa kotoran hewan yang telah dibuang tersebut.

“Kami menyayangkan ada orang yang sengaja membiarkan seperti itu, karena di situ adalah ruang publik,” kata Laode kepada JatimTIMES, Jum'at (3/11/2023).

Pihaknya sebenarnya secara spesifik tidak melarang masyarakat untuk membawa hewan peliharaan untuk jalan-jalan di Alun-alun Tugu Kota Malang. Karena fasilitas tersebut memang diperuntukkan bagi masyarakat.

“Kami tidak melarang masyarakat yang berkunjung dengan membawa hewan peliharaan. Tapi catatannya jangan sampai membuat pengunjung yang lain terganggu atau cemas,” pesan Laode.

“Contohnya seperti yang sudah viral itu, ada hewan yang buang air sembarangan dan dibiarkan sama si pemiliknya. Lalu seperti misal anjing yang mengigit. Itu kan membahayakan bagi pengunjung yang lain,” imbuh Laode.

Saat ini, Laode mengaku pihaknya sedang menyiapkan untuk papan pemberitahuan di sekitar pedestrian Alun-alun Tugu Kota Malang. Hal itu berkaitan dengan aturan pengunjung di dalam Alun-alun Tugu.

Baca Juga : Pemkab Jember Mulai Lakukan Perbaikan Jalan Menuju Pantai Bandealit

“Ini sekarang kami sedang siapkan papan aturan untuk pengunjung yang datang. Aturannya seperti boleh membawa hewan peliharaan tapi tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya,” beber Laode.

Seperti yang telah viral di media sosial, seorang laki-laki membawa sejumlah hewan peliharaan jenis anjing. Namun salah satu anjing itu ternyata buang air besar sembarangan. Dan pemilik hewan tersebut membiarkan dan meninggalkan kotoran hewan tersebut tanpa dibersihkan lebih dulu.

Setelah video tersebut viral, pria itu pun telah memberikan klarifikasi. Pemilik anjing dengan akun Instagram @rizkysurya44 atau Rizky Aditya Surya memberikan klarifikasi. 

Menurut Rizky, ia kelupaan membawa kantong kotoran anjing saat berjalan-jalan. Sehingga dia pergi sebentar untuk mengambil kantong, kemudian kembali lantas membersihkan kotoran anjing tersebut. 


Topik

Peristiwa Alun Alun Kota Malang tugu kota malang kayutangan pemkot malang anjing hewan peliharaan video viral



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni