Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tanggapi Dampak Serius Perang Ukraina dan Gaza ke Indonesia, Prabowo Kumpulkan Pimpinan TNI

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

02 - Nov - 2023, 18:10

Placeholder
Prabowo Subianto. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengumpulkan pimpinan dan perwira TNI di pelataran kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Adapun hal itu dilakukan Prabowo untuk mengingatkan para pimpinan dan perwira  TNI itu waspada terhadap situasi geopolitik terkini imbas perang di Ukraina dan Gaza.

Hal itu disampaikan  Prabowo saat membuka acara Simposium Geopolitik dan Geostrategis Global serta Pengaruhnya terhadap Indonesia yang dihadiri seribuan perwira TNI,Kamis (2/11/2023). Ia mengingatkan perang yang terjadi di Ukraina dan Gaza dapat memengaruhi stabilitas dunia dan kawasan, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Tututan Pelanggaran Kode Etik Anwar Usman Bergulir, Gibran Bakal Gagal Join Pilpres?

"Ini saya pandang perlu karena perkembangan dinamika geopolitik berkembang begitu cepat dan pengaruh di satu wilayah dunia yang kelihatannya jauh dari kita di era sekarang pengaruhnya luar biasa kepada seluruh dunia. Contoh perang di Ukraina mengakibatkan harga BBM dunia naik luar biasa. Perang di Ukraina membuat pupuk menjadi mahal dan langka. Kalau pupuk mahal dan langka, akan mempengaruhi produksi pangan di sebagian besar dunia. Kalau produksi pangan terpengaruh  akan mengakibatkan destabilisasi politik dan sosial," kata Prabowo di hadapan para kepala staf TNI, pimpinan, dan komandan satuan.

Pada kesempatan itu juga, Prabowo menyebut perang Ukraina vs Rusia belum tuntas, namun sudah muncul perang Israel vs Hamas yang meletus di Gaza. Ia pun menilai perang yang terjadi di Gaza akan berdampak pada Indonesia.

"Perang di Gaza antara Israel dan Hamas akan berpengaruh kepada kita secara langsung ataupun tidak langsung karena hampir 90 persen rakyat kita adalah muslim. Dan kejadian-kejadian yang menyangkut dunia Islam pasti berpengaruh pada kondisi psikologis dan kondisi ketenteraman rakyat kita," ucapnya.

Oleh sebab itu, Prabowo meminta para pimpinan TNI ikut mengantisipasi dampak situasi geopolitik, geostrategi, dan geoekonomi dunia terhadap pertahanan dan stabilitas di Indonesia.

"Saya mengundang beberapa menteri, pelaku yang menguasai kondisi ekonomi kita untuk memberi gambaran apa yang kita hadapi, di mana nanti kesimpulannya adalah bahwa Indonesia begitu besar dan begitu kaya menguasai mineral-mineral kritis bagi kehidupan dunia di abad ke-21 ini. Sehingga mau tidak mau kita menjadi sasaran bagi kekuatan-kekuatan besar dunia dan ini menyangkut hal-hal fisik yang ada di depan mata kita," ujar Prabowo.

Baca Juga : Faktor Keamanan Menjadi Penyebab 7 WNI Belum Bisa Dievakuasi dari Gaza

Turut hadir beberapa narasumber dalam acara tersebut selain Prabowo sebagai pembicara kunci. Yakni Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, CEO E-System Solutions FZ-LLC Habib Boukharouba, dan Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin.

Lalu juga ada sejumlah purnawirawan TNI, yaitu Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Wakasal Laksamana Madya Erwin S. Aldedharma.


Topik

Peristiwa Prabowo Subianto pimpinan TNI perwira TNI perang Ukraina v Rusia perang Hamas v Israel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy