Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bernilai Historis, Ini Rahasia Merawat Sepeda Motor Klasik yang Tidak Boleh Terlupakan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Nov - 2023, 13:57

Placeholder
Suasana reparasi sepeda motor antik di sebuah bengkel.(Foto: Instagram @djahro_classic_shop)

JATIMTIMES - Sebagai pecinta sepeda motor, khususnya yang memiliki ketertarikan pada sepeda motor antik, Anda pasti tahu bahwa merawat dan menjaga keindahan motor klasik Anda adalah suatu keharusan. 

Sepeda motor antik bukan hanya alat transportasi, tetapi juga sebuah karya seni yang membawa sensasi berkendara unik di jalan raya. Dalam era trend hobi motor klasik, mari kita eksplorasi beberapa tips berharga untuk merawat sepeda motor antik Anda dan mengalami sensasi berkendara yang tak tertandingi.

1. Pemilihan Motor Antik yang Tepat

Baca Juga : Taman Nasional Baluran, Keajaiban Alam yang Membuat Jawa Timur Berkilau

Sebelum memulai perjalanan Anda dalam merawat sepeda motor antik, langkah pertama yang penting adalah memilih motor yang tepat. 

Setiap motor antik memiliki karakteristik dan sejarahnya sendiri, jadi pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan gaya Anda. Saat ini, tren hobi motor klasik semakin populer, yang membuat lebih banyak pilihan motor antik tersedia di pasaran.

2. Pelajari Sejarah Motor Anda

Setiap sepeda motor antik memiliki sejarahnya sendiri, dan memahami sejarah motor Anda adalah langkah penting dalam merawatnya. 

Pelajari tentang model, tahun pembuatan, dan perubahan-perubahan signifikan yang terjadi selama produksinya. Ini akan membantu Anda merawatnya dengan lebih baik dan menghargai nilai historisnya.

3. Pemeliharaan Rutin

Merawat sepeda motor antik memerlukan perawatan rutin yang cermat. Hal ini termasuk mengganti oli, filter udara, dan sistem bahan bakar secara teratur. Pastikan juga komponen-komponen mekanisnya dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.

4. Perlindungan terhadap Karat dan Kerusakan

Seiring berjalannya waktu, sepeda motor antik rentan terhadap karat dan kerusakan. Penting untuk menjaga motor Anda dari paparan elemen-elemen yang merusak, seperti hujan, salju, atau sinar matahari yang berlebihan. Menyimpan motor di tempat yang aman dan kering adalah suatu keharusan.

5. Pemilihan Suku Cadang yang Otentik

Baca Juga : Pesona Keindahan Pantai Teleng Ria Pacitan, Permata Jawa Timur

Jika Anda perlu mengganti suku cadang pada sepeda motor antik Anda, pastikan untuk menggunakan suku cadang yang asli atau yang sesuai dengan model dan tahun motor Anda. Suku cadang yang tidak otentik bisa mengurangi nilai sepeda motor antik Anda.

6. Sentuhan Akhir yang Mempesona

Salah satu sensasi berkendara dengan sepeda motor antik adalah tampilan visualnya yang memukau. Pertimbangkan untuk memberikan sentuhan akhir seperti pengecatan ulang, kroming, atau perlengkapan tambahan yang sesuai dengan karakter motor Anda. Ini akan meningkatkan estetika motor Anda.

7. Bergabung dalam Komunitas Hobi Motor Klasik

Dalam era tren hobi motor klasik, Anda tidak sendirian. Ada banyak komunitas dan klub pecinta sepeda motor antik yang dapat Anda bergabung. Ini tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga merasakan sensasi berkendara bersama dalam kelompok.

8. Sensasi Berkendara dengan Motor Antik

Mengendarai sepeda motor antik adalah pengalaman yang tak terlupakan. Ketika Anda memotong jalan dengan angin melalui rambut Anda dan mendengarkan mesin berdentum, Anda merasakan hubungan yang mendalam dengan sejarah dan warisan sepeda motor. Sensasi ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, tetapi harus dirasakan secara langsung.

Dalam era trend hobi motor klasik, semakin banyak orang yang merasa terpikat oleh pesona sepeda motor antik. Merawat dan mengendarai motor klasik adalah lebih dari sekadar hobi; ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap warisan otomotif yang tak ternilai harganya. 

Dengan perawatan yang tepat, motor antik Anda akan terus mempesona dan memberikan sensasi berkendara yang tak tertandingi, sambil tetap menjadi bagian dari tren hobi motor klasik yang terus berkembang.


Topik

Peristiwa Motor Antik perawatan motor perawatan motor antik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni